Sukses

5 Hal Ini Sering Terlupakan untuk Persiapan Pensiun

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang tua yang sudah memasuki pensiun tidak merencanakan pensiun dengan baik. Sebagian besar dari mereka menyesal.

Karena hal ini sangat penting bagi masa depan Anda dan keluarga, tidak ada salahnya kita belajar dari kesalahan generasi orang tua kita dalam merencanakan pensiun.

Rencana keuangan apa saja yang biasanya terlupa dan dipersiapkan, padahal Anda sudah masuk masa pensiun? Berikut di antaranya seperti dikutip dari www.cekaja.com, Minggu (24/7/2016):

1. Belajar mengenai bisnis dan keuangan

Meski pekerjaan yang Anda geluti tidak membutuhkan titel sarjana ekonomi, punya pengetahuan dasar mengenai bisnis dan keuangan dapat membantumu berinvestasi dengan baik.

Karena itu, tidak jarang seseorang yang masuki masa pensiun, akhirnya bingung saat ingin mulai berbisnis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Investasi

2. Gaji kecil dan akhirnya tidak berinvestasi

Merasa gaji kecil, selalu habis, dan akhirnya tidak (pernah) berinvestasi. Padahal, berapapun gaji Anda, sebaiknya sisihkan beberapa bagian untuk investasi. Sudah banyak bukti seseorang yang memulai investasi sejak dini, atau sabar membiakkan uang selama berpuluh puluh tahun, maka merasakan manfaat dan bahkan bisa melakukan traveling keliling dunia setelah pensiun.

3. Selalu bingung antara pembelian dan investasi

Membeli barang berkualitas tinggi yang awet adalah pembelian cerdas. Namun, jangan artikan itu sebuah investasi. Banyak orang bingung dengan dua hal ini. Ketahui benda seperti mobil dan pakaian mengalami depresiasi seiring berjalannya waktu. Bahkan sebuah barang seni sekalipun bisa menurun harga ketika selera pasar berubah.

3 dari 3 halaman

Menabung Lebih Awal

4. Menabung lebih awal

Banyak dari generasi orang tua kita menabung terlalu sedikit dari jumlah yang mereka butuhkan untuk pensiun. Oleh sebab itu, menabung harus dilakukan sedini mungkin. Bahkan sekalipun jumlahnya kecil, misalnya, hanya senilai harga tiket bioskop, akan sangat berarti jika dikumpulkan dalam jangka panjang.

5. Jaga kesehatan dan punya perlindungan

Semua kerja keras yang Anda lakukan saat masih produktif tidak akan berguna bila Anda tidak mengurus diri dengan baik. Sebab, semua uang yang Anda kumpulkan akan terbuang untuk biaya pengobatan saat pensiun dengan kondisi kesehatan yang buruk.

Jaga kesehatan tidak perlu rumit dan mengeluarkan banyak uang. Anda hanya perlu menjaga makanan dan olahraga secara teratur. Hal terpenting, miliki asuransi kesehatan yang bisa setiap saat lindungi Anda dari kebangkrutan biaya kesehatan. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini