Sukses

Antisipasi Macet, Operator Tambah Lajur Tol Tangerang-Merak

PT Marga Mandala Sakti akan menambah lajur Jalan Tol Tangerang-Merak

Liputan6.com, Jakarta - PT Marga Mandala Sakti akan menambah lajur Jalan Tol Tangerang-Merak. Penambahan lajur ini guna memperlancar arus lalu lintas, khususnya saat libur panjang ataupun arus mudik Idul Fitri.

"Rencananya akan ditambah setelah tahun 2023, menambah dari 2 lajur menjadi 3 lajur untuk Serang-Cilegon. Cikupa-Bitung bertambah 4 lajur dari 3 lajur sebelumnya," kata Ega, Kepala Divisi Operasional PT Marga Mandala Sakti (MMS), selaku operator jalan tol Tangerang-Merak, Senin (25/07/2016).

Penambahan lajur jalan tol ini pun nantinya akan berpengaruh besar terhadap volume kendaraan yang masuk ke dalam Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, terutama saat Idul Fitri.

"Saat lebaran, maka banyak kendaraan yang keluar tol dan masuk ke Pelabuhan Merak. Kalau untuk ditambah lajur, kita harus berkoordinasi dengan jumlah dermaga," terangnya.

Penambahan lajur jalan tol ini pun akan mempertimbangkan bagaimana kondisi jalan protokol dan kemampuan Pelabuhan Merak menampung jumlah kendaraan di saat keramaian terjadi. Sehingga tidak terjadi penumpukkan kendaraan baik di dalam pelabuhan maupun di jalan protokol.

"Prinsipnya jalan tol terintegrasi dengan jalan nasional. Kalau di pelabuhan, mereka terintegrasi dengan jalan tol dan protokol," tegasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini