Sukses

5 Kebiasaan yang Bikin Kamu Jauh dari Kekayaan

Demi menuju hidup yang serba berkecukupan, apalagi menjadi kaya, tentu dibutuhkan perjuangan untuk mencapainya.

Liputan6.com, Jakarta - Pada dasarnya, seseorang ingin menjadi kaya dalam hidupnya (entah secara jasmaniah maupun rohaniah). Tentunya hidup sekedar cukup segalanya juga sudah baik bagi sebagian orang. Yang penting, kamu mencapainya dengan tidak merugikan orang banyak ya.

Aspek keuangan merupakan salah satu aspek kehidupan yang penting untuk diperhatikan. Demi menuju hidup yang serba berkecukupan, apalagi menjadi kaya, tentu dibutuhkan perjuangan untuk mencapainya.

Nah, beberapa kebiasaan ini bisa menjauhkan kamu dari hidup yang kamu impikan. Coba simak apa saja kebiasaan yang dapat menjauhkan kamu dari tujuan tersebut seperti dikutip dari HaloMoney.co.id, Senin (25/7/2016):

1. Sering bermalas-malasan

Kebiasaan malas dapat menjadi satu faktor penting yang menghalangi kamu dari jalan kesuksesan dan kekayaan.

Kalau kamu malas berusaha, malas mencari tahu cara menghemat pengeluaran sehari-hari, atau malas menerima tantangan yang lebih tinggi untuk meningkatkan taraf hidupnya akan sulit untuk menjadi kaya.

2. Gengsian

Gengsi tidak memandang urusan jenis kelamin. Karena tidak ingin disebut sebagai orang pelit atau dipandang sebagai ‘orang susah’, banyak orang yang menjaga gengsi mereka dengan mengadopsi gaya hidup orang kaya meski penghasilan mereka tidak setinggi itu.

Gengsi tidak dapat membuat orang menjadi kaya karena membuat kamu menjadi boros. Jika kamu tidak bisa menahan diri dan berhemat pengeluaran yang tidak perlu, maka kamu akan sulit untuk menjadi orang kaya sungguhan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengeluh terus

3. Mengeluh terus

Kebiasaan mengeluh merupakan salah satu kebiasaan yang melekat di masyarakat jaman sekarang. Berbagai kemudahan yang ditawarkan di jaman modern membuat orang menjadi lebih mudah bermanja, dan mereka akan mudah mengeluh ketika harus menghadapi sesuatu yang sulit atau mengeluarkan sedikit usaha untuk berubah ke arah yang lebih baik.

Orang-orang yang sukses pernah mengalami banyak rintangan, dan mereka berhasil sukses dengan terus mencari solusi jika menemui masalah, bukan mengeluhkannya tanpa henti.

Baca juga: 4 Jurus Jitu Membenahi Keuangan Pribadi Setelah Musim Liburan

4. Mementingkan kebutuhan hari ini saja

Memang benar tidak ada yang tahu seperti apa masa depan kita nanti. Namun, bukan berarti kita lantas menghabiskan gaji setiap bulan untuk bersenang-senang demi hidup untuk masa sekarang.

Ketika terjadi keadaan darurat, bagaimana jika uang kamu sudah habis untuk menangani kondisi darurat tersebut? Jangan sampai kebiasaan menghabiskan uang tersebut justru membuat kamu semakin jauh dari hidup kaya dan berkecukupan.

3 dari 3 halaman

Tidak punya visi


5. Tidak punya visi

Salah satu kunci orang sukses adalah memiliki suatu visi alias tujuan jangka panjang yang ingin dicapai di hidup mereka.

Ketika kamu memiliki motivasi yang kuat untuk mencapai tujuan jangka panjang tersebut, kamu akan lebih terdorong untuk berusaha mencapai kesuksesan tersebut. Tidak punya tujuan jangka panjang akan menyebabkan kamu tidak memiliki arah yang jelas untuk berhemat.

Baca juga: 5 Cara Jenius Memanfaatkan Pokémon GO Untuk Meningkatkan Omzet Bisnis Kamu

Jika kamu punya tujuan untuk pensiun dini dan memiliki usaha sendiri, mulailah dari sekarang untuk membuat rencana cara mencapainya. Kamu bisa coba memanfaatkan fasilitas pinjaman tanpa agunan untuk mulai pelan-pelan bisnis kamu.

Pastikan arus kas kamu cukup lancar untuk dapat melunasi cicilan KTA tersebut. Manfaatkan situs perbandingan produk keuangan popular seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah kamu melakukannya. (Ndw/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.