Sukses

Terminal 3 Bandara Soetta Beroperasi 17 Agustus 2016

Sebelumnya jadwal pengoperasian terminal tersebut terus mundur.

Liputan6.com, Jakarta - ‎Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta siap dioperasikan pada 17 Agustus 2016. Sebelumnya jadwal pengoperasian terminal tersebut terus mundur.

Rini mengungkapkan, saat ini Terminal 3 Ultimate masih dalam proses finalisasi pembangunan. Sebelum hari kemerdekaan pada 17 Agustus 2016, terminal tersebut akan mulai diujicobakan.

"Terminal 3 Ultimate sekarang dalam proses. Hari Kemerdekaan siap operasional, tapi sebelumnya kita testing-testing dulu," ujar dia Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (25/7/2016).

Sementara itu, Direktur Utama Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi ‎mengungkapkan, rencananya terminal yang disebut bakal menyaingi terminal Bandara Changi, Singapura ini diresmikan sebelum 17 Agustus 2016. Sehingga saat hari kemerdekaan terminal tersebut sudah bisa beroperasi secara penuh.

"Sebelum (17 Agustus 2016), jadi langsung operasi. Sudah disampaikan oleh Kementerian Perhubungan, kan akan dibuka minggu kedua dari pada terminal khusus," kata dia.

Terkait dengan pembangunan menara pemantau (tower) baru di area terminal sesuai permintaan dari Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Budi ‎menyatakan hal tersebut juga telah dilaksanakan. Selain itu, patung garuda raksasa yang akan menghiasai bagian depan terminal tersebut juga ditargetkan selesai pada 17 Agustus.

"Tower sudah buat, sudah 100 persen selesai ditinggal diverifikasi saja. (Patung Garuda) Sudah mulai dibangun, sudah 50 persen. Kita arahkan 17 Agustus patung itu sudah selesai," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini