Sukses

Hati-hati, Ini 5 Tanda Anda Segera Dipecat

Anda perlu mempersiapkan diri sebelum diri Anda dipecat. Mengutip dari Forbes, berikut 5 tanda Anda akan dipecat.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang terkejut ketika dirinya dipecat. Mereka merasa apa yang telah mereka lakukan seharusnya membuat mereka naik gaji atau jabatan, bukan sebaliknya.

Para pekerja seringkali berusaha menipu diri mereka sendiri. Mereka sering merasa hal-hal penting yang mereka kerjakan tidak bekerja dengan baik, tapi berusaha melupakannya.

Lambat laun, hal ini membuat reputasi para pekerja semakin buruk dan membuat mereka masuk daftar pekerja yang akan dipecat. Mengutip dari Forbes, berikut 5 tanda Anda akan dipecat, Selasa (27/7/2016):

1. Anda diturunkan jabatan

Penurunan jabatan tentunya menjadi hal buruk bagi diri Anda, terlebih saat Anda tahu bahwa penurunan jabatan ini bisa berakhir dengan pemecatan.

Banyak pemimpin perusahaan yang merasa lebih mudah memecat seorang staf dibandingkan seorang manajer, sehingga mereka terpaksa menurunkan jabatan Anda.

Penurunan jabatan juga berarti perusahaan sedang memberikan peringatan dan kesempatan kedua sebelum Anda benar-benar dipecat. Ada 2 hal yang bisa Anda lakukan, memperbaiki kinerja diri Anda, atau segera mencari lowongan pekerjaan di perusahaan lain.

2. Tugas dan kerjaan Anda berkurang

Ketika tugas dan pekerjaan Anda berkurang, Anda tidak seharusnya senang karena hal ini merupakan tanda bahwa Anda akan dipecat.

Perusahaan Anda mungkin menganggap peran dan fungsi Anda di perusahaan itu sudah tidak terlalu penting dan bukan bagian dari faktor penentu kesuksesan perusahaan.

Hal ini mungkin akan susah terlihat, karena seringkali pengurangan pekerjaan dilakukan secara bertahap. Tanda ini semakin kuat ketika pekerjaan Anda dilimpahkan kepada rekan kerja yang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hubungan makin renggang

3. Hubungan Anda dengan atasan Anda makin renggang

Kerenggangan dalam hubungan Anda dengan atasan atau bos Anda bisa terlihat dengan jelas. Contohnya adalah bos Anda lebih sedikit menghabiskan waktu dengan Anda tidak seperti biasanya, atau dia sering berseteru dan beragumen dengan Anda lebih banyak dari biasanya.

Jika hal ini terjadi, Anda harus bertanya kepada atasan Anda tentang tindakan, kinerja, serta peforma Anda dalam bekerja. Kalau dia berkata semua hal berjalan dengan baik, berhati-hatilah karena dia sedang menyembunyikan sesuatu. Berusaha perbaiki hubungan, atau bersiap menjalin hubungan dengan atasan baru di tempat kerja yang lain.

4. Tidak dilibatkan dalam rapat atau proyek penting

Sebagai seorang pekerja, tentunya penting untuk mengetahui perkembangan perusahaan. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah ikut rapat perusahaan.

Tetapi, jika Anda sudah tidak pernah diundang ke rapat perusahaan, Anda mungkin dianggap tidak penting untuk mengetahui perkembangan perusahaan. Hal ini tentunya menjadi tanda bahwa Anda mungkin masuk dalam daftar pemecatan karyawan.

3 dari 3 halaman

Tidak cocok

5. Atasan memberi isyarat bahwa Anda sudah tidak cocok dengan perusahaan

Jika Anda mulai merasa atasan Anda menjelek-jelekkan setiap pekerjaan yang Anda lakukan, atau Anda mendengar langsung dia bercerita tentang ketidakcocokkan Anda dengan perusahaan. Hal tersebut tidak diragukan lagi menjadi tanda bahwa Anda akan segera dipecat.

Jangan berharap terlalu banyak, dengan berusaha memperbaiki diri. Ketika atasan mengatakan Anda tidak cocok, apapun yang Anda perbuat tidak akan sesuai dengan keinginannya. (Aldo Lim/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.