Sukses

Mengenal Menteri PANRB yang Baru, Asman Abnur

Asman Abnur diangkat menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo baru saja melakukan perombakan (reshuffle) Kabinet Kerja Jilid II di Istana Kepresiden, Rabu (27/7/2016). Salah satu yang diangkat adalah Asman Abnur yang menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menggantikan menteri sebelumnya, Yuddy Chrisnandi.

"Menteri PANRB yang baru diharapkan reformasi birokrasi bisa diteruskan dan bisa bawa perubahan di Kementerian PANRB," kata Sekretaris Kabinet, Pramono Anung di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/7/2016).

Politisi representatif dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini lahir di Padang Pariaman, Sumatera Barat, 2 Febuari 1961 (55). Rekam jejaknya dalam dunia pemerintahan tidak perlu diragukan lagi, mengawali karir politiknya sebagai Anggota DPRD Kota Batam pada tahun 1999 -2004. 

Selain itu sebelum terjun dalam pemerintah pusat, Asman pernah menjabat sebagai Wakil Walikota Batam periode 2001 – 2004, ia ditunjuk menjadi Wakil Walikota hanya beberapa bulan setelah menjabat sebagai Anggota DPRD Batam karena dinilai kinerjanya yang luar biasa.

Namun tidak sampai selesai masa jabatannya, Asman mengundurkan diri karena mengajukan diri sebagai calon wakil rakyat di DPR RI dari Fraksi PAN.

Dari tahun 2004 hingga saat ini ia masih menduduki posisi parlemen mewakili daerah pemilihan Kepulauan Riau. Selain menjadi Anggota DPR, pada tahun 2009 Asman pernah menjad Wakil Ketua Komisi X dan Ketua Panitia Kerja (Panja) BUMN.

Beberapa prestasi pernah Asman torehkan ketika menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi X, seperti berhasil merenovasi ruang kelas tingkat SMP se-Kepulauan Riau sebanyak 93 ruang kelas dengan total anggaran mencapai 4,5 milliar dan memberikan Bantuan Siswa Miskin sebanyak 500 siswa, dsb.

Selain karir politiknya yang gemilang, pria lulusan S2 Universitas Airlangga Surabaya ini juga menjadi pebisnis sukses di berbagai bidang.

Setelah lulus kuliah Asman melanjutkan bisnis usaha orang tuanya berjualan emas. Berawal dari bisnis kecil itu, ia bisa mengembangkan berbagai macam jenis usaha lainnya, seperi beberapa unit SPBU, sejumlah restoran, apotik, pusat kebugaran, Bank Perkreditan Rakyat Konvensional & Syariah, dan money changer.

Dari keaktifannya dalam beberapa bisnis, ia pernah menjabat dibeberapa posisi penting. Di antaranya Ketua HIPMI Batam dan Ketua Kadin Batam. Hingga kini bisnisnya meluas dari Batam, Jakarta, dan Singapura.

Asman merupakan salah satu tokoh politik yang terbilang religius, terbukti dari beberapa keaktifannya dalam mengurusi urusan sosial – keagamaan. Ia membangun Masjid Jabal Arafah (MJA) serta tempat wisata religi MJA Tower setinggi 58 meter.

Kini hidupnya semakin lengkap setelah menikah dengan Zas Juniarti dan dikaruniai 2 orang anak. Masing-masing bernama Astika Mutiarazma dan Alvidyan Virgarazman. (Nabila/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini