Sukses

Presiden Bank Dunia Sedih Lepas Sri Mulyani Jadi Menkeu

Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim memberikan tanggapan atas salam perpisahan yang diucapkan Sri Muyani.

Liputan6.com, Jakarta Sejak diangkat sebagai Menteri Keuangan oleh Presiden Joko Widodo pada hari ini, Sri Mulyani pun melepaskan jabatannya sebagai Direktur Bank Dunia. Sri Mulyani bahkan telah mengucapkan salam perpisahan untuk Bank Dunia melalui situs media sosial LinkedIn-nya. Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim yang mengetahui hal ini pun memberikan tanggapan.

Jim Yong Kim mengakui bahwa dirinya bangga sekaligus bersedih atas keputusan Sri Mulyani. Baginya, Sri Mulyani adalah pemimpin yang hebat. “Saya menunjukkan bangga sekaligus sedih. Sri Mulyani disegani sepenuhnya oleh jajaran manajer, staff, hingga pemegang saham,” ujar Kim dalam keterangannya, Rabu (27/7/2016).

Pria berusia 57 tahun mengakui bahwa Sri Mulyani adalah pemimpin hebat yang menyuarakan suara masyarakat miskin. Tetapi, Jim Yong Kim tetap menghargai keputusan Sri Mulyani untuk melayani negaranya lagi.

Kinerja Sri Mulyani telah diapresiasi Bank Dunia, bahkan sebelum dia menjadi Direktur Bank Dunia. Komitmen wanita berusia 53 tahun ini dalam menjadi pejabat publik tidak perlu diragukan. Dia bahkan memiliki reputasi yang baik dalam usahanya untuk melawan praktik korupsi di Indonesia. Menurut Jim Yong Kim, tidak mengherankan sosok Sri Mulyani dicintai oleh masyarakat Indonesia.

Sebagai Direktur Bank Dunia, Sri Mulyani bertanggung jawab terhadap operasional Bank di seluruh dunia. Wanita asal Lampung ini dianggap berhasil melayani institusi Bank Dunia, dengan berhasil membantu Bank Dunia mendapatkan lebih dari US$ 160 miliar dalam perjanjian IBRD dan IDA dalam 4 tahun belakangan.

Keberhasilan Sri Mulyani sebagai staff Bank Dunia juga ditunjukkannya dalam kepemimpinannya di negosiasi International Development Association (IDA). Negosiasi IDA ini berusaha menyejahterakan negara-negara miskin di dunia. Jim Yong Kim juga mengagumi kemampuan Sri Mulyani dalam menciptakan kolaborasi budaya. Kemampuan wanita ini membantu Bank Dunia dalam bernegosiasi dengan para pemegang saham dari berbagai wilayah.

Terakhir, Presiden Direktur Kim Jong Yin juga berterima kasih terhadap apa yang telah dilakukan Sri Mulyani saat ini. Pria ini juga mendoakan agar Sri Mulyani tetap sukses . “Saya berharap kesuksesan besar bagi dia (Sri Mulyani) yang kembali ke Indonesia untuk membantu Presiden Widodo menjalankan agenda pentingnya,” tambah Jim Yong Kim. (Aldo Lim)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini