Sukses

Hilangkan 7 Kebiasaan Ini agar Tak Dibenci Rekan Kerja

7 kebiasaan tidak profesional ini dianggap tidak sopan, dan orang yang melakukannya tidak akan disegani rekan kerjanya.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda merasa rekan kerja atau atasan Anda terlihat membenci Anda? Jika ya, Anda mungkin diri Anda perlu mengoreksi diri. Kebanyakan dari kita, tidak menyadari bahwa ada beberapa kebiasaan di lingkungan kerja yang membuat kita tidak terlihat profesional.

Mengutip dari Business Insider, sebagian besar kebiasaan ini dianggap tidak sopan, dan orang yang melakukannya tidak akan disegani baik oleh rekan kerja maupun atasan Anda.

Berikut 7 kebiasaan tidak profesional yang harus dihilangkan:

1. Kebiasaan menyombongkan diri

Rosalinda Oropeza Randall pengamat etika di dunia kerja mengatakan, setiap orang memang terbiasa untuk menceritakan hal-hal baik yang terjadi pada diri mereka. Hal tersebut adalah hal natural bagi setiap manusia.

Randall menyatakan bercerita dengan menyombongkan diri memiliki perbedaan tersendiri, di antaranya adalah :
- Jika Anda terus bercerita kepada setiap orang yang bertemu dengan Anda.
- Jika Anda berbicara dengan nada keras sehingga rekan-rekan kerja Anda dapat mendengar hal tersebut
- Jika Anda mulai membumbui berita tersebut.

2. Datang terlambat

Dalam dunia kerja, datang waktu adalah hal yang penting. Menurut Randall,seorang profesional terbiasa untuk datang tepat waktu, dan telah menyiapkan diri mereka dengan baik.

“Ketepatan waktu berperan penting dalam karier Anda,” ujar Randall. Randall juga menyatakan bahwa atasan tidak menyukai bawahannya yang baru datang setelah atasannya sudah siap di meja kerjanya.

3. Kebiasaan jorok

Pada saat Anda di lingkungan kerja, Anda harus meninggalkan setiap kebiasaan jorok di rumah Anda. “Ketika Anda berada di ruangan kerja, atau di toilet, kebiasaan jorok yang Anda lakukan tidak akan pernah ditoleransi,” ujar Randall.

Wanita ini juga menyarankan para pekerja tidak pernah membuang sampah sembarangan, dan selalu membersihkan ruangan kerjanya. “Meninggalkan ruangan Anda berantakan menunjukkan sikap tidak bertanggung jawab, dan kekanak-kanakan,” ujar Randall.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banyak Mengeluh

4. Banyak mengeluh

“Setiap orang tentunya pernah punya keinginan untuk mengeluh tentang bos, rekan kerja, bahkan tugas Anda, menyuarakan keluhan tersebut hanya membuat Anda tidak terlihat profesional,” ujar Randall.

Hati-hati, keluhan Anda akan diperhatikan oleh orang-orang di sekitar Anda. Tidak lama setelahnya, rekan kerja di sekitar Anda akan berusaha menghindari Anda agar tidak mendengar keluhan tersebut.

5. Terlihat gugup

Menggoyangkan kaki, mengecek gawai beberapa kali, mengunyah permen karet, menggigiti kuku Anda, dan menggaruk-garuk kepala adalah sebagian dari kebiasaan yang Anda lakukan ketika gugup.

Anda mungkin tidak pernah menyadari apa yang telah Anda lakukan, tetapi rekan kerja Anda tentunya memerhatikan gerak-gerik Anda. Kebiasaan ini bukan hanya mengganggu orang lain, tetapi atasan Anda mungkin saja menganggap Anda sedang bosan.

3 dari 3 halaman

Menyela pembicaraan

6. Kebiasaan menyela pembicaraan

“Menyela pembicaraan orang lain tentunya hal yang tidak sopan. Ketika Anda melakukan itu, Anda akan terlihat tidak memiliki rasa menghargai dan kesabaran,” ujar Randall.

7. Berisik

Di dunia kerja, orang-orang yang berisik akan dianggap sebagai para pengganggu. Rekan kerja Anda tidak suka mendengar keberisikan yang Anda hasilkan karena menganggu fokus dan produktivitas mereka.

Anda juga tidak akan pernah sadar bahwa keberisikan atau kegaduhan yang Anda buat mungkin saja menganggu obrolan bisnis yang sedang dibicarakan atasan Anda melalui telepon. (Aldo Lim/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.