Sukses

Menteri PAN-RB Asman Sebut E-Budgeting Jadi Fokus Utama

MenPAN-RB Asman Abnur menuturkan kalau reformasi birokrasi bukan masalah pegawai tetapi juga pengelolaan anggaran yang baik.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Ap‎aratur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur langsung mendapat tugas penting di hari pertama menjadi menteri. Tugas tersebut ialah reformasi birokrasi melalui pengelolaan anggaran.

Asman Abnur mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta supaya kementerian dan lembaga menerapkan sistem e-budgeting untuk pengelolaan anggaran.

"Saya merasakan betul jadi Wakil Walikota Batam. Banyak tantangan untuk lari lebih kencang, maka itu Pak Presiden minta agar e-budgeting jadi fokus utama‎," kata dia saat serah terima jabatan di Kementerian PAN-RB Jakarta, Rabu (27/7/2016).

‎Dia menuturkan, reformasi birokrasi bukan hanya sekadar masalah pegawai. Akan tetapi, reformasi birokrasi juga terkait dengan pengelolaan anggaran yang baik.

"Sebelum dilantik beliau pesan, Menteri PAN-RB adalah mesin negara yang bergerak terus. Kalau berhenti, berhenti kegiatan negara. Jadi mesti lebih kencang lagi, fokus beliau pesan ke saya bagaimana mengawal dan membuat contoh provinsi, kementerian dan beberapa kelembagaan menerapkan sistem e-budgeting karena reformasi birokrasi bukan hanya pengangkatan pegawainya tapi yang fokus bagaimana mengelola anggaran departemen," jelas dia.

Namun begitu, dia menyadari merupakan orang baru di Kementerian PAN-RB. Dia meminta supaya menteri sebelumnya Yuddy Chrisnandi untuk memberikan bantuan.

"‎Saya sebagai pendatang baru, walaupun Pak Yuddy tidak di sini, tidak ditolak ngetok pintu di rumah. Sebagai orang yang lebih tahu banyak yang harus diketahui," tutur dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.