Sukses

Pernyataan The Fed Angkat Harga Emas

Kenaikan suku bunga acuan The Fed biasanya akan menurunkan harga emas dan menguatkan dolar.

Liputan6.com, New York - Harga emas diperdagangkan lebih tinggi setelah Federal Reserve memutuskan tak mengubah suku bunga acuannya, tetapi mengisyaratkan kemungkinan peningkatan dalam beberapa bulan mendatang.

Harga emas untuk pengiriman Desember baru-baru ini naik 0,9 persen menjadi US$ 1.339,50 per troy ounce di divisi Comex New York Mercantile Exchange.

Harga ditutup naik 0,5 persen menjadi US$ 1.334,50, tetapi diperdagangkan lebih rendah ke posisi US$ 1.323 per troy ounce, setelah pernyataan Fed dirilis.

Setelah pertemuan selama dua hari, Bank Sentral  AS mengatakan risiko ekonomi jangka pendek telah berkurang dan pasar tenaga kerja telah membaik.

Suara the Fed lebih positif dibandingkan dengan pertemuan terakhir, yang mendorong beberapa spekulasi bahwa data AS mungkin cukup kuat untuk memungkinkan terjadi perubahan tingkat suku bunga pada tahun ini, yang kemungkinan terjadi pada awal September.

Bob Haberkorn, Ahli Strategi Pasar Senior RJO Futures, mengatakan harga emas memberikan reaksi awal sementaranya dari pernyataan the Fed. Pedagang masih melihat kenaikan tarif akan terjadi pada September atau Desember.

"Saat ini, kondisi harga emas seperti itu mungkin tidak dalam kartu. Sebab pasar ... tidak percaya bahwa Fed tidak akan melakukan apa-apa pada tahun ini," jelas dia.

Kenaikan tarif biasanya akan menurunkan harga emas dan menguatkan dolar. Sebab investor akan menjauh dari aset seperti emas, yang tidak menghasilkan bunga, dan mencari instrumen yang menawarkan hasil yang lebih baik.

George Gero, Managing Director RBC Wealth Management, mengatakan banyak investor melakukan penyesuaian perdagangan emasnya untuk sisa tahun ini. Namun, pasar mungkin perlu beberapa hari ke depan untuk mencerna sinyal terbaru dari pejabat the Fed.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

  • Emas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: 'aurum') dan nomor atom 79.

    emas

Video Terkini