Sukses

5 Kebiasaan yang Pasti Dimiliki Semua Orang Sukses

Laporan survei terhadap 684 orang kaya mempelajari bagaimana mereka bisa tumbuh menjadi orang kaya.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda berpikiran bahwa orang sukses atau orang kaya tidak tahu rasanya menjadi orang tidak mampu, Anda harus berpikir kembali.

Faktanya, 77 persen orang kaya dengan aset dan investasi di atas US$ 3 juta atau setara dengan Rp 39 miliar (Kurs Rp 13.118 per dolar) berasal dari latar belakang kelas menengah dan bawah. Bahkan, 19 persen orang kaya ini mengakui bahwa mereka berasal dari keluarga tidak mampu.

Mengutip dari CNBC, sebuah laporan tentang sikap, karakteristik, kebiasaan, dan kesamaan dari orang-orang sukses telah dirilis oleh U.S. Trust. Dalam laporan ini, U.S. Trust mensurvei 684 orang sukses untuk mempelajari bagaimana mereka bisa tumbuh menjadi orang sukses.

Berikut lima kesamaan dari orang-orang sukses:

1. Disiplin

Sekitar 80 persen responden menyatakan mereka selalu disiplin, terutama dalam berinvestasi. Responden menyatakan bahwa mereka disiplin menyisihkan uang gaji mereka untuk berinvestasi jangka panjang. Mereka menganggap investasi jangka panjang lebih penting daripada investasi jangka pendek.

2. Punya panutan hidup

Sebagian besar orang sukses bukan berasal dari latar belakang keluarga yang sukses. Mereka dibesarkan oleh keluarga tidak mampu, di mana orang tua mereka selalu menyemangati anaknya untuk menjadi orang sukses. Sebanyak 80 persen responden menceritakan bahwa orang tua mereka yang menjadi panutan hidup.

Ada lima nilai hidup yang diajarkan orang tua mereka yakni, berprestasi di bidang akademis, disiplin dalam keuangan, rajin bekerja, bakti terhadap keluarga, serta mengabdi kepada negara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dermawan

3. Dermawan

Lahir dari keluarga kurang mampu, banyak orang sukses yang tergugah hatinya melihat orang-orang susah di sekitar mereka. Sebanyak 65 persen responden menyatakan bahwa keluarga mereka adalah keluarga yang dermawan.

4. Komitmen

Orang sukses memiliki komitmen yang tinggi, bukan hanya dalam pekerjaannya, tetapi pada hubungannya. Banyak orang sukses telah berkomitmen serius dalam hubungannya dengan pasangannya. Sekitar 86 persen responden menyatakan bahwa mereka telah menikah atau telah menjajaki hubungan yang serius.

5. Optimistis

Para responden menyatakan mereka optimistis bahwa investasi yang mereka lakukan akan bertambah di tahun berikutnya.

Mereka juga selalu berinvestasi ketika mereka melihat ada kesempatan untuk melakukan hal tersebut. Sebagian besar responden bahkan menyatakan aset dan kekayaan mereka saat ini berbentuk investasi. (Aldo Lim/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.