Sukses

Berpamitan, Ini Kesan Rizal Ramli Terhadap Anak Buah

Rizal Ramli mengapresiasi kinerja bawahannya yang banyak membantu saat ia menjabat sebagai menko bidang kemaritiman.

Liputan6.com, Jakarta - Saat perpisahan dengan pegawai Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli mengapresiasi kinerja bawahannya yang banyak membantu saat ia menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman.

Rizal memperkenalkan karakteristik mantan bawahannya ke Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman yang baru Luhut Panjaitan. Mantan bawahannya tersebut antara lain ‎sekretaris menteri dan jajaran deputi.

‎"Pak Sesmen ini orang kalem tenang kerja keras, Pak Luhut, enggak neko-neko; ada deputi menko tangguh cerdas gigih, Pak Ridwan Deputi Bidang infrastruktur, orang dinamis aktif; Pak Syafri ahli oceanografi. Tim kecil ada Laksamana Prasetyo Agung, deputi punya pengalaman Dirjen Bea Cukai," ujar Rizal, saat menyampaikan pidato serah terima jabatan, di Kantor Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Kamis (27/7/2016).

Rizal menuturkan, meski menjalin kerja sama dengan waktu singkat, yakni hanya setahun, hubungan Rizal bersama mantan anak buahnya tersebut terbilang intens untuk menjalankan kinerjanya. "Cinta kita singkat, cuma satu tahun tapi intens," ujar Rizal.

Rizal mengatakan, Luhut merupakan sahabat. Bahkan saking dekatnya,  Luhut dianggap sebagai kakak. Karena itu, Rizal mengaku bahagia jabatannya digantikan oleh Luhut.

‎"Saya hari ini sangat berbahagia karena pengganti saya, Pak Luhut, dekat kayak adik-kakak," ucap Rizal.

Sebelumnya, perombakan kabinet atau reshuffle jilid II secara mendadak ini membuat para pegawai kementerian koordinator kemaritiman tak tahu kabar itu.

Deputi II Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa‎ Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Agung Kuswandono mengaku baru tahu reshuffle pada Rabu, 27 Juli 2016 pagi.

Ia menuturkan, di bawah kepemimpinan Rizal Ramli terdapat banyak program yang sangat berkontribusi pada perekonomian. Di antaranya, menekan waktu tunggu di pelabuhan (dwelling time), industri garam dan sebagainya. "Kalau di Deputi II masalah dweling time, garam, banyak-lah," ujar dia. (Pew/Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini