Sukses

Pemikiran Ekonom Sjahrir Majukan Pasar Modal Indonesia

Dr Sjahrir juga mendorong perusahaan domestik untuk melantai di Bursa Efek Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Pemikiran Dr Sjahrir memberikan sumbangan yang besar pada perkembangan pasar modal Indonesia, salah satunya mengenai pemikiran untuk membuat pasar modal makin berkembang.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad mengatakan, pemikiran Sjahrir ke pasar modal ialah mengenai ‎gagasannya menciptakan pasar modal yang kompetitif.

"Salah satu pandangan yang paling penting bagaimana menciptakan pasar berbasis pasar. Di mana harga tercipta secara wajar, tapi menjadi kompetisi yang sehat. Konsep ini tentu menjadi dasar pengembangan pasar modal Indonesia,"  kata dia dalam acara Seminar dan Pameran Buku Pikiran Ekonomi Politik Dr Sjahrir Relevansinya Sekarang dan Masa Datang di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (28/7/2016).

Muliaman mengatakan, pandangan tersebut diimplemantasikan melalui pengembangan infrastruktur pasar modal saat ini. Dia menuturkan, pengembangan infrastruktur saat ini antara OJK dan Self Regulation Organization (SRO) lainnya mengembangkan perdagangan elektronik.

"‎Pengembangan infrastruktur yang dilakukan waktu itu kemudian dilanjutkan era hari ini sudah terus mencoba mengimplementasikan konsep pemikiran Sjahrir tadi," ujar dia.

‎Pandangan lainnya, kata Muliman adalah mendorong perusahaan nasional untuk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dengan melantai di BEI maka perusahaan akan semakin kuat.

‎"Pandangan beliau adalah perlunya mendorong perusahaan nasional untuk go public melantai di bursa. Dengan perusahaan nasional melantai, diharapkan perusahaan domestik menjadi perusahaan yang kuat dan memiliki daya tahan terhadap guncangan," ujar dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • Pasar modal adalah seluruh kegiatan yang mempertemukan penawaran dan permintaan dana jangka panjang.

    pasar modal

  • Sjahrir

Video Terkini