Sukses

Nama Ternyata Dapat Meramal Kesuksesan Anda, Kok Bisa?

Faktanya, sebuah nama ternyata memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kesuksesan seseorang.

Liputan6.com, Jakarta -
Apalah arti sebuah nama. Ungkapan tersebut seringkali diucapkan demi menggambarkan bahwa sebuah nama bukanlah hal yang terlalu penting untuk diingat.
 
Jangan salah, nama-nama yang kini ada di dunia ternyata bukan hanya sekadar susunan huruf penunjuk identitas semata. Faktanya, sebuah nama ternyata memiliki pengaruh yang sangat besar.
 
Tak hanya untuk menggambarkan kepribadian nama bahkan dapat mendeskripsikan kesuksesan seseorang di masa depan. Semua itu tentu bukan hanya hasil ramalan atau tebak-tebakan, tetapi sejumlah riset di beberapa universitas ternama telah berhasil membuktikannya.
 
 
Berikut enam cara bagaimana nama dapat menentukan kesuksesan Anda di masa depan seperti dilansir dari Lifehack.org, Kamis (28/7/2016):
 
 1. Nama yang umum dipakai lebih mudah dapat pekerjaan
 
Sebuah studi yang digelar Marquette University menemukan bahwa jika nama Anda umum dipakai banyak orang lain, hal itu justru dapat meningkatkan peluang agar diterima bekerja. Sebaliknya, orang-orang dengan nama yang unik jarang mendapat panggilan wawancara saat melamar pekerjaan.
 
2. Nama yang mudah diucapkan, lebih cepat naik jabatan
 
Penelitian yang dilakukan New York University menemukan bahwa nama-nama yang mudah diucapkan cenderung lebih cepat naik jabatan. Bahkan seringkali status sosialnya juga meningkat cepat.
 
Menurut psikolog Adam Alter, hal-hal yang mudah dicerna otak, dapat membuat kita lebih cepat menyukainya.
 3. Wanita dengan nama maskulin mampu meraih karier gemilang
 
Faktanya,  saat ini banyak bidang pekerjaan yang didominasi kalangan pria, seperti hukum dan teknik mesin. Namun, sebuah studi di sebuah universitas ternama menemukan, wanita dengan nama maskulin cenderung lebih mudah mengembangkan karir di bidang-bidang tersebut.
 
Tak hanya itu, sekali berkecimpung di dunia tersebut, para wanita akan dengan cepat mencapai karir yang gemilang.
 
4. Pria dengan nama yang pendek pada umumnya menjadi bos perusahaan
 
Berdasarkan riset yang dilakukan LinkedIn terhadap lebih dari 100 juta profil pengguna, ternyata sebagian besar posisi CEO ditempati oleh pria. Lebih unik lagi, sebagian besar posisitersebut ditempati oleh para pria dengan nama yang pendek seperti `Bob` atau `Tim`.
 
Diyakini bahwa nama pendek membuatnya tampak lebih ramah dan mudah didekati.
 5. Nama-nama yang dimulai dengan huruf awal alfabet (A, B, C, D, E...) cenderung berprestasi di sekolah
 
Penelitian yang digelar Czech Republic mengupas fakta yang sangat kontroversial. Para siswa yang nama akhirnya diawali dengan deretan huruf awal alfabet cenderung lebih berprestasi di sekolah. Mereka dapat dengan mudah diterima di sekolah-sekolah yang diinginkan.
 
6. Punya nama tengah membuat Anda tampak lebih cerdas dan tangguh dalam bekerja
 
Jika nama Anda mengandung inisial di tengahnya seperti `Sophie N. Turner` maka Anda akan dianggap lebih cerdas dan tangguh dalam bekerja. Fakta tersebut terungkap pada riset yang dirilis European Journal of Social Pshychology. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini