Sukses

10 Novelis yang Sukses Berbisnis

Bagi para novelis yang masuk dalam daftar ini, menghasilkan novel bestseller saja tidak cukup.

Liputan6.com, Jakarta - Menulis jika digeluti secara serius bukan hanya menjadi hobi, namun bisa membantu menghasilkan pundi-pundi uang. Apalagi kalau buku atau novel yang ditulis laris manis di pasaran, tentu uang yang dikantongi tak sedikit.
 
Bagi para novelis yang masuk dalam daftar ini, menghasilkan buku bestseller saja tidak cukup. Mereka membuat hasil karyanya menjadi kerjaan bisnis.
 
Dilansir dari Entrepreneur, Jumat (29/7/2016),berikut ke-10 penulis yang sukses membuat buku dan berbisnis:
 
1. JK Rowling
Total kekayaan: US$ 1 miliar
 
Siapa tidak kenal dengan penulis ini. Ia menghasilkan serial buku penyihir Harry Potter yang sukses besar di seluruh dunia.
 
"Sihirnya" tidak hanya muncul di buku. Tapi ia juga memiliki hak cipta untuk semua film Harry Potter dan taman bermain Universal Studios. Rowling sekarang sibuk dengan bisnis barunya, Pottermore, sebuah situs yang berisi publikasi digital, e-commerce, dan perusahaan hiburan.
 
2. Jim Davis
Total kekayaan: US$ 800 juta
 
Davis menggambar dan menulis komik Garfield hingga menjadi acara televisi dan film. Sekarang ia bekerja sebagai presiden direktur di Paws, Inc, sebuah studio komik dan perusahaan yang mengurus semua lisensi kucing bermata sendu itu.
 
 
"Kalau Anda punya kesabaran... dan menunggu lama... tidak ada yang bakal terjadi," katanya.
 
3. John Grisham
Total kekayaan: US$ 200 juta
 
Buku-buku bergenre thriller dan menyangkut masalah hukum milik Grisham telah terjual lebih dari 275 juta kopi. Tujuh dari puluhan karyanya telah menjadi film.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Danielle Steel

 4. James Patterson
Total kekayaan: US$ 490 juta
 
Penulis novel Thriller ini telah masuk rekor Guiness World Record sebagai penulis dengan buku nomor satu bestseller versi New York Times yang terbanyak.
 
Ia sekarang memiliki JIMMY Patterson, sebuah percetakan buku anak. Patterson telah menulis puluhan buku dalam setahun dengan penulis lainnya melalui perusahaan itu.
 
5. Stephen King
Total kekayaan: US$ 400 juta
 
Novel misteri dan horornya telah menjadi 39 film, 21 serial televisi, dan banyak komik dan lagu. "Momen paling mengerikannya adalah selalu sesaat sebelum Anda memulainya," ujar King.
 
6. Nora Roberts
Total kekayaan: US$ 340 juta
 
Ia telah menulis 219 buku romantis dan sembilan di antaranya menjadi film. Roberts dan keluarganya sekarang memiliki sebuah hotel, toko buku, restoran pizza.
 
"Kalau Anda tidak mengejar yang Anda mau, tidak akan pernah mendapatkannya. Kalau Anda tidak bertanya, maka jawabannya selalu tidak. Kalau Anda tidak bergerak ke depan, maka Anda akan selalu berada di tempat yang sama," ujar Roberts.
3 dari 4 halaman

EL James

7. Danielle Steel
Total kekayaan: US$ 310 juta
 
Ia menerbitkan 99 novel dan 18 buku anak. Ia punya perjanjian jangka panjang dengan New Line Home Entertainment untuk mengembangkan, memproduksi, dan mendistribusikan film yang diadaptasi novelnya.
 
"Terkadang, kalau Anda tidak yakin dengan sesuatu, Anda harus melompat dari jembatan dan menumbuhkan sayap saat turun ke bawah," kata Steel.
 
8. Stephenie Meyer
Total kekayaan: US$ 123 juta
 
Kesuksesan buku trilogi Twilight membuat Meyer mendirikan Fickle Fish Film, yang memproduksi film Twilight dan The Host. "Kadang ide sudah ada, dan Anda perlu menemukannya," ujar Meyer.
 
4 dari 4 halaman

 
9. EL James
Total kekayaan: US$ 80 juta
 
Trilogi novel erotis, The Fifty Shades, dan filmnya membuat James meraih pendapatan US$ 50 juta. Ia juga berhasil menjual merchandise yang diadaptasi buku tersebut, seperti borgol dan vibrator.
 
10. George RR Martin
Total kekayaan: US$ 65 juta
 
Ia meraih US$ 10 juta untuk royalti buku serial Game of Thrones dan US$ 15 juta dari HBO yang membuat film serinya. "Sekali Anda menerima kekurangan diri, tidak akan ada yang menggunakannya lagi untuk melawan Anda," katanya. (Sorta/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini