Sukses

4 Cara Melawan Godaan Pemborosan Kartu Kredit

Meskipun kartu kredit berguna, tidak bisa dipungkiri bahwa kamu yang orangnya boros akan sulit menahan godaan kartu kredit.

Liputan6.com, Jakarta - Kartu kredit bisa dibilang sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sehari-hari. Meskipun tidak menggunakannya, setidaknya orang-orang sudah mengetahui apa itu kartu kredit serta fungsinya.

Kartu kredit berguna untuk menunda pembayaran transaksi ke tanggal jatuh tempo. Selain itu, kartu kredit juga dapat dimanfaatkan untuk berhemat karena adanya fitur seperti diskon dan cashback.

Meskipun kartu kredit berguna, tidak bisa dipungkiri bahwa kamu yang orangnya boros akan sulit menahan godaan kartu kredit. Untuk mencegah terjadinya pemborosan lebih jauh, simak beberapa cara yang dapat digunakan untuk antisipasi diri dari godaan tersebut:

1. Minta bantuan sahabat atau saudara untuk kritik pedas

Kamu bisa meminta bantuan teman atau anggota keluarga kamu untuk melakukan review atas transaksi yang telah atau akan kamu lakukan.

Mintalah bantuan kepada orang yang jago memberikan kritik atau mencecarmu dengan banyak pertanyaan kalau ada transaksi tidak penting yang kamu lakukan.

Lebih bagus lagi kalau mereka jago dalam mengelola keuangan pribadi. Secara tidak langsung, kamu jadi belajar untuk menghindari pemborosan juga.

Baca Juga: Tangkap 4 Pelajaran Bisnis ini di Balik Kesuksesan Pokémon GO!

2. Jangan bawa kartu kredit kecuali diperlukan

Simpan kartu kredit kamu yang lain di tempat tersembunyi. Kalau perlu, kamu bisa bekukan di dalam kulkas atau sembunyikan di balik lemari agar keinginan kamu menggunakan kartu kredit yang tidak diperlukan menjadi berkurang drastis.

Kartu kredit hanya dibawa kalau kamu benar-benar berencana untuk menggunakannya untuk suatu transaksi yang kamu butuhkan, seperti belanja kebutuhan rutin bulanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Limit rendah

3. Siapkan kartu kredit dengan limit rendah

Dari semua kartu kredit yang kamu miliki, batasi limit untuk masing-masing kartu kredit. Memiiki limit yang lebih rendah dapat mencegah kamu untuk boros. Sesuaikan limit masing-masing kartu kredit dengan kebutuhan yang tepat untuk setiap kartu kredit kamu.

Sebaiknya, cukup 1 saja yang limitnya agak tinggi untuk transaksi yang rutin, sedangkan limit kartu kredit lain disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca juga: 5 Cara Jenius Memanfaatkan Pokémon GO Untuk Meningkatkan Omzet Bisnis Kamu

4. Lepaskan kartu kredit yang manfaatnya serupa

Pisahkan kartu kredit yang manfaatnya serupa untuk menghemat biaya tahunan (annual fee). Misalnya, kamu gemar melakukan traveling sehingga kamu cukup perlu satu saja kartu kredit yang memberikan banyak manfaat atau promo bagi pengguna yang gemar travelling. Ini juga berguna untuk menghindari kepusingan karena punya kebanyakan kartu kredit.

Nah, kalau kamu sudah tahu tips dan trik yang bikin kamu tidak boros, kamu tidak perlu menahan diri lagi untuk mengajukan kartu kredit. Jika digunakan dengan tepat, kamu justru bisa memanfaatkan kartu kredit untuk menghemat.

Kalau kamu sedang mencari kartu kredit yang tepat, gunakan situs perbandingan produk keuangan seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah kamu. (Ndw/Zul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.