Sukses

Hati-Hati, 4 Hal Ini Bisa Buat Anda Bangkrut

Banyak pengusaha sukses mengatakan lebih sulit mempertahankan kesuksesan dibandingkan meraihnya. Berikut 4 hal yang buat Anda bangkrut.

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin baru saja memulai, sedang di perjalanan, bahkan telah mencapai tahap kesuksesan Anda. Jika Anda telah berada di tahap kesuksesan Anda, selamat! Saat ini Anda tidak perlu bersusah payah lagi untuk mengembangkan bisnis Anda.

Namun, ada satu hal yang harus menjadi pemikiran Anda, bagaimana cara mempertahankan kesuksesan tersebut.

Mengutip dari Entrepreuner, Senin (1/8/2016), banyak pengusaha sukses mengatakan bahwa lebih sulit mempertahankan kesuksesan dibandingkan meraihnya.

Berikut empat hal yang bisa membuat Anda bangkrut:

1. Cepat tergoda

Gemma Godfrey, pendiri dan CEO dari perusahaan Moo.La menyarankan agar selalu membaca keseluruhan perjanjian atau penawaran yang ditawarkan rekan bisnisnya.

Dia juga mengatakan bahwa Anda perlu bernegosiasi dengan rekan bisnis Anda agar penawaran yang diberikan menguntungkan kedua belah pihak.

2. Boros

Para pengusaha yang telah berhasil mengumpulkan kekayaannya, harusnya bertanggung jawab dengan kekayaan tersebut. Manisha Thakor, seorang ahli strategi keuangan mengungkapkan bahwa ke depannya akan lahir generasi pengusaha yang lebih menghargai kekayaan yang mereka punya.

“Saya melihat kelompok pengusaha yang berusaha untuk tidak memakai mobil mewah, dan memakai perhiasan dan baju yang mahal,” ujar Thakor.

3. Sembarangan berinvestasi

Sebelum memulai berinvestasi, para pengusaha sukses tidak akan berani berinvestasi di tempat investasi yang tidak mereka percayai. Bahkan, para pengusaha pintar hanya akan berinvestasi di sektor investasi yang mereka telah pahami seluk beluknya.

Garret Gunderson, pendiri Wealth Factory menyatakan bahwa para pengusaha akan melakukan riset sebelum berinvestasi di suatu tempat.

Gunderson menyatakan investasi yang dilakukan secara sembarangan seperti berjudi, jika Anda beruntung akan mendapatkan keuntungan yang banyak, tetapi jika Anda gagal akan menderita kerugian cukup parah, bahkan dapat mengalami kebangkrutan.

4. Terburu-buru mencoba bisnis lain

Carl Richards, salah satu ahli investasi di BAM Advisor Service menyatakan bahwa pengusaha yang sukses adalah mereka yang tetap mempertahankan kesuksesan bisnisnya dan tidak terburu-buru mempertaruhkan modal bisnisnya untuk membuka bisnis lain.

Richards mengakui bahwa setiap pengusaha pasti ingin menambah kekayaannya, tetapi Anda harus bijak. Jangan meninggalkan bisnis Anda yang baru seumur jagung, untuk mencoba peruntungan di bisnis yang lain. Alih-alih mendapatkan keuntungan 2 kali lipat, Anda bisa saja mengalami kebangkrutan. (Aldo Lim)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini