Sukses

Pertamina Luncurkan Pertamax Turbo di Belgia

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) meluncurkan produk bahan bakar terbaru Pertamax Turbo untuk kendaraan kelas supercar dan berteknologi tinggi.

Peluncuran produk ditandai dengan pengisian Pertamax Turbo di mobil balap oleh Vice President Fuel Retail Marketing Pertamina Affandi di sela-sela ajang balap Lamborghini Blancpain Supertrofeo Series, di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, Jumat, 29 Juli 2016.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, penggunaan Pertamax Turbo ini sebagai tindak lanjut dari kerjasama Pertamina sebagai technical partner Lamborghini.

Kedua pihak bersama-sama mengembangkan Pertamax Turbo sebagai bahan bakar untuk kendaraan bermesin bensin dengan teknologi terbaru.

“Pertamax Turbo adalah bahan bakar untuk kendaraan bermesin bensin yang merupakan hasil pengembangan dari produk Pertamax Plus yang memiliki Research Octane Number minimal 98 serta dilengkapi Ignition Boost Formula (IBF),” jelas Wianda.

Pertamax Turbo diujicoba  di ajang balap Lamborghini Blancpain Supertrofeo European pada awal Januari 2016, di Srikuit Vallelunya, Italia. Keberhasilan tersebut diikuti dengan kerja sama Pertamina dengan Centro Petroli Roma (CPR) selaku mitra Lamborghini dalam pendistribusian bahan bakar Pertamax Turbo ke sirkuit-sirkuit di seluruh Eropa.

Hingga saat ini Pertamax Turbo sudah digunakan di empat balapan yakni di Monza-Italia, Silverstone–Inggris, Paul Richard-Prancis, dan Spa Francorchamps-Belgia.

Perkembangan teknologi mesin kendaraan yang semakin canggih seperti penggunaan supercharger, turbocharger menjadikan tekanan kompresi mesin kendaraan semakin tinggi, sehingga diperlukan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi.

Pertamax Turbo terbukti mampu memenuhi kebutuhan tersebut, karena memiliki keunggulan untuk meningkatkan driveability kendaraan sehingga lincah bermanuver, akselerasi mesin menjadi lebih bagus. Sebab, torsi yang dihasilkan lebih tinggi, meningkatkan kecepatan maksimal (top speed) kendaraan, meningkatkan tenaga mesin kendaraan dan menyempurnakan pembakaran bahan bakar pada mesin, sehingga cocok digunakan bagi kendaraan dengan perbandingan kompresi lebih dari 12.

Digunakannya Pertamax Trubo dalam ajang balap bergengsi di Eropa, semakin membuktikan bahwa Pertamax Turbo telah diakui sebagai bahan bakar dengan performa yang sangat baik dan ramah lingkungan, karena bisa mengurangi emisi gas buang menjadi lebih baik.

Wianda menambahkan, Pertamax Turbo juga akan dipasarkan di Indonesia, dan akan menyasar  konsumen yang selama ini sudah menggunakan produk RON 95.

"Jika di Eropa saja sudah diterima, kami optimis masyarakat di Tanah Air juga bisa merasakan performa Pertamax Turbo sebagai salah satu produk unggulan kilang Pertamina yang dalam waktu dekat ini juga akan kami luncurkan di Tanah Air,” ungkap Wianda. (Ndw/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini