Sukses

Ogah Dicap Pegawai Negatif? Hindari 6 Hal Ini di Media Sosial

Walau kehadirannya kini tidak bisa dilepaskan dari dunia digital, pemakaian media sosial merupakan satu hal yang harus tetap diperhatikan

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial telah menjadi kebutuhan banyak orang. Bukan hanya sebagai tempat untuk menyebar informasi, media sosial juga sering dimanfaatkan sebagai sarana hiburan pelepas penat.

Walau kehadirannya kini tidak bisa dilepaskan dari dunia digital, pemakaian media sosial juga merupakan satu hal yang harus tetap diperhatikan.

Hal ini harus dilakukan, terutama bagi para pegawai yang bekerja di kantor. Apabila dipakai dengan tidak bijak, media sosial justru dapat berdampak negatif bagi karier.

Berikut enam hal yang sebaiknya tidak dilakukan di media sosial seperti dilansir dari cheatsheet.com, Selasa (2/8/2016):

1. Memberi komentar menyerang dan rasis

Hal pertama yang sebaiknya tidak Anda lakukan adalah mengunggah komentar menyerang dan rasis di media sosial.

Melakukan hal ini bukan hanya akan merugikan diri Anda. Komentar tersebut pun nantinya akan membuat citra diri Anda menjadi negatif.

2. Mengeluh tentang pekerjaan Anda

Setiap orang pasti dihadapkan pada tantangan dan kesulitannya tersendiri ketika bekerja. Namun bukan berarti hal tersebut harus Anda sebarluaskan di media sosial.

Seseorang yang terus menerus mengeluh di media sosial hanya akan membuat dirinya terlihat tidak kredibel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Mengunggah konten tidak pantas atas nama perusahaan

Hal ini juga sebaiknya tidak Anda lakukan. Sebelum mengunggah sesuatu di media sosial, ada baiknya Anda mengecek kembali konten tersebut. Mengunggah sesuatu yang tidak pantas akan berdampak pada keberlangsungan karier nantinya.

Anda pasti tidak ingin apabila karier yang Anda sudah bangun sedemikian rupa tersebut hancur hanya karena kelalaian Anda bermain media sosial.

4. Bermain media sosial terus menerus

Waktu yang Anda dapat di kantor ada baiknya dipergunakan dengan seoptimal mungkin. Jika sudah sampai di kantor, waktu tersebut pun sebaiknya Anda gunakan untuk bekerja.

Memakai waktu kerja untuk bermain media sosial bukan hanya akan memberi gambaran bahwa Anda merupakan seorang yang tidak profesional. Hal ini juga akan menjatuhkan citra diri Anda di depan bos.

5. Mengumbar pencarian kerja di media sosial

Jika Anda memiliki keinginan untuk pindah pekerjaan atau mencari pekerjaan baru, akan lebih baik untuk tidak mengumbar hal tersebut di media sosial. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bos atau rekan kerja Anda melihat hal tersebut. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.