Sukses

5 Cara Cepat Ingat Nama Rekan Kerja di Kantor

Mengingat nama seseorang akan lebih memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi mereka yang baru masuk kerja, salah satu kesulitan yang sering dihadapi adalah mengingat nama rekan kerja di kantor. Banyaknya orang yang ditemui terkadang membuat mereka sulit untuk mengingat setiap nama yang berkenalan dengannya.

Hal ini sangatlah wajar terjadi. Banyak orang yang mengalami kesulitan yang sama. Padahal, mengingat nama seseorang akan lebih memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan lebih baik saat di kantor.

Melansir laman Forbes, Selasa (2/8/2016) berikut 5 cara mudah untuk cepat mengingat nama di kantor:

1. Mengulang terus menerus

Cobalah untuk mengulang nama yang baru Anda ketahui secara terus menerus. Anda juga bisa menyebutkan nama tersebut ketika sedang melakukan percakapan dengan orang tersebut. Hal ini akan membantu Anda untuk mengingat nama yang baru Anda kenal dengan lebih mudah.

2. Meminta seseorang mengeja namanya

Psikolog Dr. Gary Small mengungkapkan, meminta orang untuk mengeja namanya dapat membuat orang yang mendengar lebih mudah untuk menghapal nama tersebut. Cara ini bisa Anda pakai apabila Anda memiliki kesempatan untuk berkenalan dengan orang baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Menambahkan informasi lain

Agar lebih mudah bagi Anda untuk menghapal nama seseorang, Anda dapat mengingat informasi lain yang berhubungan dengan orang tersebut.

Misalnya saja, daerah tempat orang tersebut tinggal atau kantor tempatnya bekerja. Informasi ini akan mempermudah memori Anda untuk mengingat profil singkat tentang orang yang baru Anda temui.

4. Membuat hubungan

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat hubungan antara nama orang tersebut dengan nama orang lain yang lebih familiar dengan Anda.

Misalnya, nama orang yang baru Anda kenal tersebut hampir sama dengan nama saudara Anda. Hubungan tersebut bisa membuat Anda menghapal nama dengan lebih mudah.

5. Fokus mendengarkan

Seringkali, banyak dari kita yang tidak terlalu jelas mendengar nama ketika berkenalan. Pertemuan yang hanya sekilas membuat memori tidak mampu untuk menangkap informasi yang diberikan dengan baik.

Untuk mengantisipasi hal ini, cobalah untuk memfokuskan pikiran dan konsentrasi pada lawan bicara ketika berkenalan. Pikiran yang lebih fokus membuat Anda lebih mudah untuk mengingat informasi yang baru didapat. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini