Sukses

4 Kunci Sukses Bangun Bisnis

Seorang pemimpin dan pengusaha yang membangun kepercayaan bersama akan menciptakan komitmen yang lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan riset kalau pemimpin perusahaan dan pengusaha yang membangun kepercayaan memiliki komitmen yang besar dari pegawainya. Selain itu juga dapat menimbulkan tingkat inovasi yang tinggi.

Bagi setiap pemimpin dan pengusaha yang menjalankan bisnis dan hal yang dilakukannya dengan benar memiliki strategi untuk mencapai tujuan termasuk tujuan organisasi.

Ada empat cara untuk membangun kepercayaan dalam sebuah organisasi dan bisnis. Empat cara itu antara lain kehandalan, kejujuran, kompetensi dan kepedulian. Ini juga disebut ROCC Trust. Berikut empat cara untuk membangun bisnis agar kuat seperti dikutip dari laman enterpreneurs, Sabtu (27/8/2016):

1. Kehandalan

Kehandalan melakukan sesuatu yang Anda katakan. Misalkan melakukan sesuai apa yang telah Anda janjikan atau katakan kepada pelanggan.Semakin bisa diandalkan suatu bisnis maka semakin Anda dipercaya oleh pelanggannya untuk semakin cepat berkembang baik di dalam maupun di luar negeri.

2. Kompeten

Kompeten berarti menghasilkan produk yang unggul. Kompeten ini juga membuat GM mampu menjadi perusahaan terbaik di dunia. Hal ini dilakukan oleh GM Plant Manager Bob Lintz yang mentransformasi pabrik gagal menghasilkan keuntungan miliaran dolar Amerika Serikat.

3. Keterbukaan dan Kejujuran

Membangun kepercayaan dalam sebuah tim dengan memiliki percakapan terbuka dan jujur. Hal itu dengan menciptakan lingkungan yang terbuka dan benar bagi semua pihak.

Keterbukaan dalam komunikasi baik dengan karyawan maupun dengan pihak luar menjadi penting, karena dengan komunikasi yang baik akan menciptakan hubungan yang baik pula antar pihak yang berkaitan.

4. Kepedulian

Selalu ingat pesan orang dahulu yang menyatakan "lakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan". Pun dengan bisnis, perlakukan pesaing, karyawan dan pelanggan sebagaimana Anda ingin diperlakukan. Terlebih lagi jika bisnis Anda merupakan bisnis korporat yang memerlukan kerja sama tim yang solid.

Banyak pengusaha sukses yang mengawali bisnisnya dengan sistem ROCC ini. Dari situ mereka bisa membangun sebuah tim, merekrut tenaga baru dan mengevaluasi kinerja partner. Yang terpenting dari semuanya adalah rasa saling percaya satu sama lain untuk membuat bisnis yang dijalani menjadi lebih baik. (Nabila/Ahm)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini