Sukses

Meski Kaya Raya, 10 Miliarder Ini Tetap Hidup Sederhana

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang termasuk Anda pernah bermimpi menjadi miliarder yang hidup mewah dan bergelimang harta. Dengan kekayaan melimpah, tentu Anda bisa membeli jet pribadi, rumah mewah dan mobil keluaran terbaru.

Tapi, ternyata banyak juga orang terkaya dunia yang memilih untuk tetap hidup sederhana. Orang-orang ini sangat mencintai pekerjaannya dan tak merasa harus menghabiskan uang yang diraupnya. Selama pekerjaan mereka selesai maka mereka akan merasa puas.

Berikut daftar 10 miliarder terkaya yang memilih untuk hidup sederhana seperti dikutip dari Business Insider:

1. Tony Hsieh

Hsieh mungkin tidak masuk dalam daftar orang terkaya versi Majalah Forbes. Namun dengan harta US$ 840 juta atau setara Rp 10 triliun, ia termasuk orang kaya yang hidup sederhana.

Pengusaha berusia 41 tahun ini memulai bisnisnya dengan menjual jaringan iklan internet LinkExchange ke Microsoft senilai US$ 265 juta. Setelah itu dia mendirikan Zappos, sebuah toko online yang menjual pakaian dan sepatu.

Meski kaya, Hshieh tidak pernah memikirkan soal uang, tapi yang terpenting baginya adalah hidup dikelilingi orang yang mencintainya.

2. David Cheriton

Cheriton adalah seorang profesor di Stanford University. Tapi ketika tidak mengajar di kelas, dia menginvestasikan uangnya di sejumlah perusahaan teknologi.

Investasinya terbaik yang dilakukannya yaitu saat dia memberikan uang US$ 100 ribu ke dua muridnya yang membangun perusahaan pada 1998. Dari perusahaan bernama Google itu, dia mencetak miliaran dolar AS dari investasi tersebut.

Meski sudah jadi orang kaya, tapi dia menolak membeli rumah yang bear atau mobil bagus. Cheriton tetap tinggal di rumahnya yang sudah ditinggalinya selama 30 tahun. Kini kekayaannya mencapai US$ 3,3 miliar dan namanya masuk dalam daftar 500 orang terkaya versi Forbes 2016.

1 dari 5 halaman

Ingvar Kamprad

3. Ingvar Kamprad

Pendiri IKEA ini mengawali bisnisnya saat berusia 17 tahun. Hingga kini usianya menginjak 89 tahun, kekayaannya mencapai US$ 3,3 miliar atau setara dengan Rp 431 triliun pada 2015.

Walaupun begitu, dia tetap hidup sederhana dengan makan di restoran sederhana, menawar saat berbelanja di pasar dan terbang dengan pesawat kelas ekonomi.

4. Chuck Feeney

Pebisnis berdarah Irlandia-Amerika ini memang hanya memiliki harta US$ 2 juta, tapi selama 30 tahun terakhir dia menyumbangkan dana sekitar Rp 7,5 miliar.

Feeney memang terkenal dermawan, uang yang disumbangkannya dipakai untuk mengembangkan ilmu pengertahuan, pendidikan dan kesehatan di AS, Irlandia dan empat negara lainnya. Pria kelahiran 1931 ini mencetak pundi-pundi uang dari Duty Free Shoppers Group.

Dia mengungkapkan, saat mulai bekerja dia hanya fokus bekerja keras, bukan untuk menjadi kaya raya. Itulah alasannya dia tak masalah menghabiskan uangnya untuk beramal. Feeney tetap hidup sederhana, tanpa pakaian mahal dan memesan wine murah saat sedang di restoran.

2 dari 5 halaman

Azim Penji

5. Azim Penji

Azim Premji, pengusaha India yang memimpin Wipro Limited, sebuah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang konsultan IT. Kini dia memiliki 75 persen saham dari perusahaan yang didirikan ayahnya dan masuk dalam daftar 100 orang terkaya di dunia dengan total kekayaan US$ 17,4 miliar atau setara dengan Rp 227 triliun.

Meski begitu, Azim selalu hidup sederhana. Dia selalu terbang dengan pesawat kelas ekonomi dan masih mengendarai Honda City yang sudah dimilikinya selama 10 tahun terakhir.

Dia mendonasikan lebih dari seperempat kekayaannya untuk orang miskin. Menurutnya, semakin banyak kita beramal semakin banyak uang yang akan dihasilkan.

6. Mark Zuckerberg

Di usianya yang baru 32 tahun, Zuckerberg sudah menjadi orang terkaya nomor enam di dunia.Berkat Facebok, dia berhasil mencetak US$ 44,6 miliar. Namun uang tak mengubah pengusaha muda ini, Zuckerberg terap hidup sederhana.

Dia menggunakan kaos abu-abu dan hoodie setiap hari.Satu-satunya barang termahal yang pernah ia beli hanyanya sebuah rumah di Palo Alto seharga US$ 7 juta atau setara Rp 91 miliar.

3 dari 5 halaman

Jim C Walton

7. Jim C Walton

Jim Walton adalah orang terkaya ke-15 di dunia dengan total kekayaan US$ 33,6 miliar. Dia adalah anak bungsu dari Sam Walton, pendiri Walmart, sebuah perusahaan ritel terbesar di dunia. Pria berkacamata ini hidup dengan filosofi yang dianut ayahnya yaitu, harus tetap rendah hati dan berhemat sebanyak apapun uang yang dimiliki.

8. Christy Walton

Menantu dari Sam Walton (Pendiri Walmart) ini menikah dengan anak Sam yang bernama John T. Walton yang meninggal 10 tahun silam akibat kecelakaan pesawat. Terkenal dermawan, Christy sering mendonasikan sebagian kekayaannya untuk beberapa universitas diArkansas, bahkan ketika suaminya meninggal ia mendonasikan rumahnya untuk orang miskin. Kini dia mengantongi harta US$ 5,2 miliar.

4 dari 5 halaman

Warren Buffett

9. Warren Buffett

Terkenal sebagai miliarder yang hidup sederhana, Buffet menganggap uang bukanlah segalanya.  Dia tetap tinggal di rumah sederhana seharga US$ 31.500 selama lebih dari 50 tahun. Pria terkaya ketiga di dunia ini juga tidak memiliki kapal pesiar mewah, pesawat pribadi, bahkan Buffet tidak pernah memberikan uang ke anaknya karena ingin mereka merdeka secara finansial.

Investor paling tersukses di dunia ini pertama kali berinvestasi pada usia 11 tahun. Meski sudah berusia 85 tahun, dia tetap pergi bekerja setiap hari karena tidak pernah kehilangan passion untuk investasi. Saat ini Buffet memiliki kekayaan US$ 60,8 miliar.

10. Carlos Slim Helu

Kini Carlos menjadi orang terkaya keempat di dunia dengan total kekayannya mencapa US$ 50 miliar yang berasal dari investasinya di beberapa perusahaan besar. Walaupun begitu, dia mengaku tidak menemukan alasan untuk menghabiskan uang untuk berbelanja barang mewah. Carlos juga tetap memilih tinggal di rumah yang sudah 30 tahun lamanya ia tinggali daripada tinggal di rumah mewah. (Nabila/Ndw)