Sukses

5 Tips untuk Lepas dari Krisis Keuangan

Terlibat dalam masalah keuangan menjadi kekhawatiran tersendiri bagi siapapun karena hidup butuh uang.

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang sebisa mungkin ingin menghindari masalah, baik masalah pribadi, keuangan maupun masalah keluarga. Masalah tersebut akan mengubah sikap Anda, bisa menjadi lebih baik atau justru semakin membuat Anda terpuruk.

Terlibat dalam masalah keuangan menjadi kekhawatiran tersendiri bagi siapapun, karena apapun yang kita lakukan tidak bisa terlepas dari uang. Mengalami krisis keuangan bahkan bisa menjadi alasan kuat seseorang untuk bisa depresi.

 

Berikut 5 cara untuk mengatasi krisis keuangan seperti dikutip dari Lifehack.com, Rabu (17/8/2016):

1. Identifikasi masalah

Langkah awal untuk mencegah masalah keuangan semakin meluas adalah dengan mengidentifikasi masalah utama dan mencari tahu dari mana masalah ini berasal. Karena ketika Anda sudah memahami inti masalahnya, Anda bisa mencari solusi terbaik untuk memecahkan ini.

2. Buat rencana keuangan

Cara terbaik untuk menghadapi masalah keuangan adalah dengan membuat rencana keuangan. Anda harus bijaksana dalam menggunakan uang yang masih tersisa untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda dalam menghadapi krisis finansial ini. Ketika Anda bisa membuat rencana dengan baik, Anda masih bisa menyisikan sebagian uang untuk ditabung.

3. Prioritaskan anggaran sesuai kebutuhan

Memprioritaskan uang sesuai kebutuhan sangat efektif untuk menghadapi masalah keuangan. Prioritas ini membantu Anda untuk mengutamakan mana yang harus dibayar lebih dulu, sehingga mencegah krisis keuangan  ini untuk semakin meluas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerucutkan masalah

4. Kerucutkan masalah

Banyak yang bisa dilakukan untuk mengerucutkan masalah keuangan, seperti mengubah gaya hidup. Mungkin akan sangat sulit, karena Anda sudah terbiasa dengan gaya hidup sehari-hari Anda, tapi ketika menghadapi krisis keuangan Anda “dipaksa” untuk mengubah diri supaya lebih bijaksana dalam menghadapi masalah ini dan menganggap serius masalah yang ada.

5. Buat rencana, jalani dan lihat perkembangannya

Ketika Anda sudah mengetahui masalah yang ada, buatlah rencana yang rasional untuk menyelesaikannya. Buat timeline dalam setiap rencana yang Anda buat, sehingga Anda bisa mengetahui berapa banyak uang yang Anda habiskan per bulan, dsb.

Setelah itu Anda juga harus rutin mengecek kemajuan dari rencana Anda, jika berbuah manis lanjutkan jika tidak ubah ke rencana lain. Kunci untuk mengatasi masalah keuangan adalah menjadi fleksibel dalam berbagai situasi. Buat dan cek kembali pendapatan dan pengeluaran Anda, lalu lakukan perubahan jika diperlukan. (Nabila/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.