Sukses

Perumnas Bangun 11 Ribu Unit Rumah hingga Semester I

Perum Perumnas saat ini tengah mengembangkan sembilan proyek strategis guna mendukung program Sejuta Rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Perum Perumnas sepanjang tahun ini menargetkan pembangunan 25 ribu unit rumah terdiri dari rumah tapak maupun rusunami. Hingga semester I-2016, Perumnas sudah membangun 11 ribu unit rumah di seluruh Indonesia.

"Ke depan, Perum Perumnas akan condong mengembangkan format rumah vertikal dengan porsi sekitar 60 persen dari portofolio produk Perumnas, karena mahalnya harga tanah,” ujar Direktur Pemasaran Perum Perumnas Muhammad Nawir dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (2/8/2016).

Perum Perumnas saat ini tengah mengembangkan 9 proyek strategis guna mendukung program Sejuta Rumah, tersebar di Medan, Palembang, Cengkareng Kemayoran, Pulo Gebang Jakarta Timur, Bekasi, Karawang, Semarang, Surabaya, dan Makassar.

Empat proyek yang sedang berjalan adalah Jakabaring Palembang, Pulo Gebang Jakarta Timur, Cengkareng, dan Karawang. Tiga proyek lainnya yang akan dilaksanakan adalah Makasar, Bandung, dan Bekasi dan dua proyek lainnya adalah peremajaan rumah susun, yakni di Sukaramai Medan dan Ilir Barat, Palembang, yang sudah mendapat persetujuan dari pemilik lama. Selain itu, Perum Perumnas juga membangun rumah tapak di sekitar 80 lokasi. 

Salah satu langkah mewujudkan hal ini, Perum Perumnas memperkuat fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit pemilikan apartemen, baik KPR komersial maupun subsidi dengan PT Bank Artha Graha Internasional Tbk.

Melalui kerja sama ini, calon pembeli rumah tapak maupun rusunami Perum Perumnas dapat mengajukan fasilitas pinjaman KPR/KPA dari Bank Artha Graha Internasional.

Kerja sama ini merupakan komitmen Perum Perumnas guna memudahkan masyarakat umum mendapatkan rumah melalui fasilitas KPR yang terjangkau.

Sementara bagi Bank Artha Graha, kerja sama ini menjadi bagian upaya dalam memaksimalkan komitmen dalam mengimplementasikan Program Sejuta Rumah yang merupakan cita-cita pemerintah guna mendorong pemenuhan rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Melalui kerja sama yang saling mendukung, seperti dengan Perum Perumnas ini, diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memiliki rumah tinggal,” kata Direktur Bank Artha Graha Internasional Dyah Hindraswarini.

Kemudahan bagi masyarakat yang disediakan oleh Bank Artha Graha Internasional berupa produk KPR maupun KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR FLPP). Sebagaimana diketahui, Bank Artha Graha Internasional merupakan salah satu Bank swasta umum nasional yang dipercaya oleh Pemerintah dalam menyalurkan KPR FLPP.(Nrm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini