Sukses

5 Cara Cepat Dapat Pekerjaan

Liputan6.com, Jakarta Anda lelah mencari pekerjaan dan tidak membuahkan hasil? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Berdasarkan survei Jobvite, 71 persen orang yang sudah bekerja pun masih mencari pekerjaan untuk posisi baru.

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan pencarian kerja Anda. Berikut adalah 5 cara yang bisa dilakukan untuk lebih cepat mendapat pekerjaan:

1. Cari Pekerjaan di Waktu yang Tepat

Ada beberapa bulan dimana menjadi favorit untuk mencari pekerjaan dan peluang di terimanya pun jauh lebih besar.

“Bulan terbaik untuk mencari pekerjaan adalah Januari dan Februari, akhir September dan Oktober,” ujar Scott Testa, Kepala Operasional Mindbrige Software.

Selain bulan tersebut, peluang lowongan pekerjaan sangat kecil karena dianggap bukan bulan sibuk. Jadi mulai sekarang pertimbangkan kapan saja Anda menyebarkan CV ke tempat Anda ingin bekerja.

2. Biarkan Orang Mengetahui Posisi yang Anda Cari

Jika Anda mencari pekerjaan online, maka Anda keliru. Hal ini dikarenakan sebanyak 41 persen orang yang disurvei oleh staf perusahaan Tenaga Kerja melaporkan bahwa jaringan adalah kunci untuk mengarahkan ke pekerjaan terbaru mereka. Padahal banyak posisi strategis yang tidak diiklankan oleh perekrut pekerja online.

Jangan ragu untuk mencari pekerjaan secara langsung. Banyak pula orang bisa diterima kerja karena relasinya (baik online maupun secara langsung) yang kuat dengan mantan pekerja di perusahaan.

3. Tunjukkan Kepada Atasan Apa yang Anda Punya

Selain karena CV dan resume beberapa dokumen, diterima atau tidaknya Anda dalam perusahaan juga ditentukan oleh wawancara. Manfaatkan sesi wawancara untuk menceritakan kepada atasan Anda apa yang sudah Anda lakukan dulu dan bagaimana itu bisa menjadikan Anda karyawan yang baik.

4. Menjadi Relawan

Mendedikasikan waktu Anda untuk membantu orang lain akan semakin mempermudah Anda dalam mendapatkan pekerjaan. Berdasarkan study yang dipublikasikan oleh The Journal of Career Assessment yang mensurvei 265 orang yang tidak bekerja dan 26 orang rela menjadi sukarelawan, setelah 6 bulan kemudian mereka yang menjadi relawan mendapatkan pekerjaan tetap tapi tidak demikian dengan mereka yang tidak menjadi relawan.

5. “Bersihkan” Media Sosial Anda

Ada potensi untuk calon bos Anda mencari tahu tentang media sosial Anda sebelum menerima Anda sebagai karyawan disana. Berdasarkan survei yang dilakukan CareerBuilder menyatakan bahwa 33% calon atasan Anda akan meneliti kepribadian dan sikap Anda berdasarkan apa yang Anda posting di media sosial Anda.

Jangan biarkan permasalahan sepele menghambat karir Anda dalam bekerja. Contoh, pada tahun 2014 Jobvite melakukan survei dan menemukan bahwa calon atasan akan mencari tahu tentang calon karyawannya 94% berdasarkan akun LinkedIn dan secara keseluruhan 73% mencari tahu melalui Facebook, Twitter dan sebagainya. (Nabila)