Sukses

Ekonomi RI Siap Tancap Gas di Tangan Tiga Menteri Ini

Pemerintah diharapkan tetap konsisten menjalankan paket-paket kebijakan ekonomi yang telah dikeluarkan dan yang akan diterbitkan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah merombak sebagian besar tim ekonomi di Kabinet Kerja. Masuknya Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan (Menkeu) dinilai semakin memperkuat posisi tim tersebut, melengkapi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri Perencanaan Pembangunan (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Pendapat ini dilontarkan Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS), Sasmito Hadi Wibowo saat berbincang dengan Liputan6.com.

"Pengalaman Bu Menteri Sri Mulyani tidak perlu diragukan lagi. Begitu pula dengan Pak Bambang dan Pak Darmin yang sudah terbukti kerjanya. Jadi sinergi ini makin kuat," ujar dia di Jakarta, seperti ditulis Rabu (3/8/2016).

Menurutnya, sinergi menteri-menteri tersebut, dan kehadiran tim ekonomi lain, seperti Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto akan semakin mendorong perekonomian Indonesia sesuai harapan Presiden. "Presiden kan ingin ekonomi kita tancap gas," terang Sasmito.

Dirinya berharap, pemerintah tetap konsisten menjalankan paket-paket kebijakan ekonomi yang telah dikeluarkan dan yang akan diterbitkan. Sebab Sasmito menilai, paket kebijakan ekonomi jilid 1 sampai 12 yang sudah mulai berdampak terhadap pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang sebesar 5,54 persen di kuartal II 2016 dibanding periode yang sama tahun lalu.

"Sektor industri sudah memberi gambaran yang bagus, pertumbuhan industri naik sebesar 5,5 persen. Sehingga ini bisa menjadi dorongan buat ekonomi kita berkat pengaruh paket kebijakan 1 sampai 12," jelas Sasmito.

Dia menyebutkan, industri farmasi, produk obat kimia dan obat tradisional mengalami kenaikan pertumbuhan produksi 12,21 persen, kemudian industri ‎makanan naik 5,17 persen, serta industri lainnya. Pertumbuhan di sektor industri makanan baik skala besar maupun kecil sudah terdampak dari paket kebijakan. "Jadi perbaikan ekonomi kita bisa bagus," terangnya. (Fik/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini