Sukses

Pasok Gas Buat 3 Perumahan di Batam, PGN Bangun Pipa 10,6 Km

Batam menjadi salah satu daerah yang akan mendapatkan perluasan jaringan gas bumi rumah tangga.

Liputan6.com, Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk atau PGN terus memperluas jaringan distribusi gas bumi. Kali ini perluasan dilakukan bagi pelanggan rumah tangga di Batam, Kepulauan Riau.

Melalui anak usahanya PT PGAS Solution, perusahaan sedang membangun pipa sepanjang 10,6 kilometer (km) dengan nilai proyek sekitar Rp 9,08 miliar.

Sekretaris Perusahaan Heri Yusuf mengatakan, Batam menjadi salah satu daerah yang akan mendapatkan perluasan jaringan gas bumi rumah tangga.

Rencananya pipa PGN akan menyalurkan gas bumi ke sekitar 500 rumah di Perumahan Greenland, Perumahan Kurnia Djaya Alam dan Perumahan Tunas Regency di Pulau Batam. "Proyek ini dibiayai PGN sendiri,‎" kata Heri dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu (3/8/2016).

Heri melanjutkan, di saat yang bersamaan, PGN juga sedang menyelesaikan proyek penugasan dari Kementerian ESDM dengan memasang 4.000 sambungan gas rumah tangga di Batam.

"Saat ini sudah ada sekitar 750 rumah tangga di Batam menikmati gas bumi yang bersih, efisien, aman dan mudah dari PGN," tutur dia.

Menurut Heri, selain rumah tangga, PGN saat ini juga telah menyalurkan gas bumi ke 27 pelanggan komersil seperti hotel dan restoran, serta 39 industri skala kecil hingga besar di Batam.

Pada awal 2016, PGN juga baru saja menyelesaikan proyek pembangunan jaringan gas bumi sepanjang 18,3 km di Batam.

Proyek pipa gas yang berada di kawasan bisnis ini akan menyalurkan gas bumi ke wilayah Nagoya, Lubuk Baja, dan Jodoh di Batam.

"Nantinya infrastruktur pipa gas Bumi ini akan memasok gas ke jasa komersil seperti hotel dan restoran di kawasan Nagoya dan jasa restoran serta industri di Batam," terang Heri.

Sampai dengan kuartal I-2016, PGN telah menyalurkan gas bumi ke lebih dari 116.400 pelanggan rumah tangga, 1.879 UKM, mal, hotel, rumah sakit, restoran, serta 1.576 industri skala besar dan pembangkit listrik.

Pelanggan PGN tersebut tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, sampai Papua.

PGN menargetkan tambahan jaringan gas bumi melalui program PGN Sayang Ibu sebanyak 110 ribu sambungan jaringan gas bumi untuk rumah tangga dalam periode 2016-2019.

"PGN merupakan badan usaha penyalur gas bumi terbesar di Indonesia, total jaringan pipa gas bumi yang dibangun dan dioperasikan PGN saat ini mencapai lebih dari 7.100 km, jumlah ini setara dengan 76 persen pipa gas bumi hilir yang ada di seluruh Indonesia," tutup Heri.(Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • PGN merupakan Perusahaan Gas Negara yang bergerak di bidang transmisi dan distribusi gas bumi.

    PGN

  • Gas Bumi adalah hasil proses alami berupa hidrokarbon yang dalam kondisi tekanan dan temperatur atmosfer berupa fasa gas yang diperoleh dari

    Gas Bumi

Video Terkini