Sukses

7 Hobi Ini Buat CV Terlihat Menarik

Jangan lupa menulis hobi Anda di CV, di beberapa situasi menulis hobi yang menarik di CV Anda dapat meningkatkan kualitas CV Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang menyarankan untuk tidak menulis hobi Anda di CV. Mereka berpendapat bahwa kolom hobi hanya akan mengurangi kualitas CV Anda, dan tidak akan dilihat dari atasan Anda.

Sayangnya, pendapat ini belum sepenuhnya benar. Di beberapa situasi, menulis hobi yang menarik di CV Anda dapat meningkatkan kualitas CV Anda.

Mengutip dari Business Insider, beberapa perusahaan seperti Google justru lebih tertarik dengan kehidupan pribadi Anda, seperti hobi, dibandingkan pengalaman yang Anda tulis.

Beberapa perusahaan lainnya melihat hobi di CV Anda akan berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lakukan. Berikut 7 hobi yang membuat CV Anda akan terlihat menarik:

1. Yoga

Orang yang gemar beryoga cenderung memiliki kemampuan untuk menahan diri dan tetap tenang. Alyssa Gelbard seorang konsultan karier, menyatakan bahwa Anda akan terlihat lebih menarik dengan menuliskan hobi yoga di CV untuk pekerjaan di PR Agency, maupun di periklanan. Hal ini karena Anda dapat tetap tenang walau berada di bawah tekanan di lingkungan pekerjaan yang sangat sibuk.

2. Olahraga Ekstrim

Olahraga ekstrim seperti sepeda gunung maupun paralayang menunjukkan Anda adalah pegawai yang gemar melakukan hal-hal di luar batas kemampuan, disiplin, tidak takut, dan berani mengambil risiko.

“Sikap ini dibutuhkan terutama untuk organisasi yang masih muda dan berkembang,” kata Gelbard.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menulis

3. Menulis

Jika Anda ingin melamar pekerjaan di bidang komunikasi maupun pemasaran, memperlihatkan kemampuan menulis Anda tentunya meningkatkan kesempatan Anda untuk diterima.

Salah satu yang dapat Anda perlihatkan adalah blog yang sering Anda tulis. Gelbard menyarankan untuk aktif di blog, dan memastikan tulisan di blog tersebut menarik, dan terbebas dari kesalahan ejaan dan kosakata.

4. Naik Gunung

Gelbard menyatakan bahwa memperlihatkan hobi Anda naik gunung tidak hanya menunjukkan kepribadian Anda sebagai orang yang kuat, disiplin, dan tekun, tetapi dapat membantu diri Anda jika bekerja di industri terkait, contohnya industri perjalanan dan liburan.

5. Berkebun

Hobi berkebun memperlihatkan Anda sebagai orang yang peduli dengan alam dan lingkungan. Hobi ini juga dapat menjadi nilai tambah jika Anda ingin bekerja di perusahaan yang visinya menyediakan energi bersih dan ramah lingkungan.

3 dari 3 halaman

Fotografi

6. Fotografi

Hobi fotografi perlu diakui sebagai hobi yang cukup menguntungkan. Selain Anda dapat berbisnis di bidang fotografi, hobi ini juga menjadi nilai tambah bagi Anda yang ingin bekerja di perusahaan tertentu.

Perusahaan seperti periklanan mencari berbagai orang kreatif yang tidak hanya jago desain, atau menggambar saja, tetapi memiliki kegemaran di dunia fotografi.

7. Bermain Musik

Orang yang bermain musik sering kali dianggap sebagai orang yang fokus, tekun, dan disiplin. Sikap ini menjadi nilai tambah bagi Anda yang ingin bekerja di perusahaan seperti Teknik Sipil, maupun Arsitektur.

Gelbard juga menambahkan bahwa pegawai yang bisa bermain musik menjadi nilai lebih bagi perusahaan event organizer. (Aldo Lim)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini