Sukses

Hindari 7 Hal Ini Agar Cepat Kaya

Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi orang kaya, tetapi ada hal yang perlu dihindari agar cepat kaya.

Liputan6.com, Jakarta Steve Siebold, seorang miliader dunia mengatakan setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi orang kaya. Sayangnya, tidak semua orang mengambil kesempatan tersebut, dan melakukan beberapa hal yang justru menghambat kesuksesan mereka.

Mengutip dari Business Insider, ada beberapa hal yang perlu dihindari agar Anda cepat kaya. Berikut 7 hal yang perlu dihindari agar cepat kaya:

1. Fokus simpan uang, bukan menghasilkan uang

Menyimpan uang dengan baik tentunya cara mudah untuk menjadi orang kaya, tetapi orang-orang kaya tidak fokus pada hal ini. Bagi mereka, lebih baik mencari cara untuk menghasilkan uang lebih banyak dibandingkan harus mengirit agar dapat menyimpan uang lebih banyak.

Steve Siebold menyarankan, Anda seharusnya berhenti khawatir tentang pengeluaran Anda, tetapi fokus bagaimana penghasilan yang Anda dapatkan bisa lebih banyak.

2. Tidak berinvestasi

Salah satu cara efektif untuk mendapatkan uang lebih banyak adalah berinvestasi. Semakin cepat Anda melakukan investasi, akan semakin baik untuk masa depan Anda. Ramit Sethi, seorang penulis buku investasi terkenal menyatakan bahwa orang kaya cenderung berinvestasi sebanyak 20 persen dari penghasilan mereka per tahun.

“Kekayaan mereka tidak hanya dihitung dari jumlah gaji mereka per tahun, tetapi juga berasal dari nilai investasi mereka dari waktu ke waktu,” ujar Sethi.

3. Memaksa beli barang mahal

Jika Anda hidup berdasarkan keinginan, bukan berdasarkan kebutuhan, Anda tidak akan pernah menjadi kaya. Walaupun Anda memperoleh penghasilan lebih, atau kenaikan gaji, jangan jadikan hal ini sebagai alasan Anda untuk meningkatkan biaya dan gaya hidup Anda.

“Saya tidak membeli jam tangan mewah, atau mobil mewah, sampai bisnis dan investasi saya menghasilkan pendapatan yang terus meningkat,” ujar Grant Cardone, seorang jutawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mimpi sendiri

4. Tidak percaya pada mimpi sendiri

Jika Anda ingin menjadi orang sukses, Anda perlu mencintai setiap hal yang Anda lakukan. Banyak orang yang melakukan kesalahan dengan mengikuti jalan hidup orang lain.

Thomas C. Corley, seorang jutawan menjelaskan bahwa ketika seseorang mengejar mimpi orang lain, bukan mimpinya sendiri, dia tidak akan pernah bahagia dengan profesi yang dia jalani. “Anda tidak akan pernah punya semangat dan passion yang dibutuhkan agar menjadi sukses,” ujar Corley.

5. Takut keluar dari zona nyaman

Jika Anda ingin menjadi orang kaya dan sukses, Anda harus berani keluar dari zona nyaman, dan menghadapi berbagai tantangan di sekeliling Anda. Steve Siebolg menyatakan bahwa menjadi orang sukses bukanlah hal mudah, dan dalam mendapatkannya Anda tidak bisa hanya terdiam di zona nyaman Anda saat ini.

6. Belanja dulu, simpan kemudian

Jika Anda ingin menjadi orang kaya, Anda harus mengutamakan agar menyimpan uang terlebih dahulu sebelum menghabiskannya. David Bach, seorang jutawan mengatakan kebanyakan orang yang baru mendapatkan gaji justru akan sibuk membayar hutang ke orang lain, dan pada akhirnya mereka tidak memiliki sisa untuk ditabung,

Untuk menghindari hal ini, Anda perlu mengatur prioritas Anda untuk menyimpan uang terlebih dahulu, baru berbelanja. (Aldo Lim/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.