Sukses

3 Alasan yang Bikin Orang Malas Menabung

Liputan6.com, Jakarta - Menabung kerap dianggap sebagai kegiatan yang tidak penting untuk dilakukan. Memang manfaat menabung tidak bisa langsung Anda rasakan saat ini, tapi manfaat menabung akan sangat terasa di masa depan ketika Anda sudah pensiun dari pekerjaan sembari menikmati hari tua Anda.

Dari pemikiran ini, akhirnya banyak orang yang malas untuk menabung, baik dalam jumlah yang besar maupun kecil. Berikut adalah 3 alasan mengapa hingga saat ini Anda masih enggan untuk menabung seperti dikutip dari Cheatsheet.com, Jumat (5/8/2016):

1.  Gaya hidup meningkat

Ketika Anda mendapatkan bonus dari kantor, pasti pikiran pertama yang muncul adalah bagaimana menghabiskan uang itu untuk berbelanja. Menjadi orang yang konsumtif sangat berbahaya. Sebab jika terus dibiarkan, selalu merasa memiliki uang lebih akan membuat Anda terus berusaha untuk menghabiskannya.

Kalau Anda terus seperti ini, maka Anda tidak akan pernah bisa menabung untuk bekal di masa tua Anda nanti. Mulai sekarang janganlah jadi orang yang konsumtif, menabung jauh lebih penting daripada memenuhi hasrat berbelanja Anda.

2. Selalu menunda

Banyak orang yang menyadari bahwa menabung itu penting, tapi belum menjadi prioritas karena merasa masa pensiun masih lama.  Padahal menabung bukan hanya untuk pensiun, tapi untuk membantu keuangan Anda saat menghadapi hal-hal tak terduga yang datang tiba-tiba seperti kecelakaan, sakit, atau pemutusan hubungan kerja (PHK). Jadi mulai menabung dari sekarang, jangan menunda-nunda lagi.

3. Menabung adalah proses yang lama

Bagi seseorang yang malas untuk menabung, ia tidak akan memikirkan investasi untuk masa depan yang terpenting baginya adalah kehidupan masa kini. Penabung yang baik terkadang justru melakukan hal-hal lain yang menyenangkan sesekali untuk relaksasi, bukan setiap saat menghamburkan uang dari hasil pekerjaannya.

Mulai sekarang pertimbangkanlah apapun yang Anda lakukan terutama masalah keuangan, persiapkan tabungan untuk masa tua Anda sedini mungkin agar nantinya Anda tidak perlu memusingkan bagaimana kehidupan Anda di masa tua nanti. (Nabila/Ndw)