Sukses

Simak, 6 Negara Terbaik untuk Hidup Saat Pensiun

Negara terbaik untuk pensiun berdasarkan harga perumahan, biaya kesehatan, temperatur udara, hingga tingkat kejahatan.

Liputan6.com, Jakarta - Anda mulai menua, atau mulai lelah bekerja? Mungkin saatnya untuk membuat rencana pensiun. Jika Anda sudah lelah tinggal di perkotaan yang penuh hiruk pikuk, bahkan merasa bosan tinggal di negara yang selama ini hidup, Anda bisa memilih tinggal di negara lain.

Mengutip laman Telegraph,  Sabtu (6/8/2016), terdapat beberapa negara terbaik bagi orang yang pensiun. Perhitungan ini berdasarkan harga perumahan, biaya kesehatan, temperatur udara, hingga tingkat kejahatan. Berikut 6 negara terbaik untuk pensiun.

1. Malta

Sebagai salah satu negara kecil, Malta termasuk negara paling padat penduduk di dunia. Hal ini tidak mengherankan karena kualitas hidup di sana cukup baik.

Negara Malta disinari sinar matahari lebih dari 3.100 jam per tahun, dengan suhu rata-rata 19 C. Bahasa tutur di sini adalah bahasa Inggris, sehingga memudahkan komunikasi dengan masyarakat dunia. Tidak heran, banyak turis maupun pensiunan yang berbondong-bondong berkunjung ke negara ini.

2. Portugal

Portugal terkenal dengan kekayaan budaya dan sejarahnya, fasilitas kesehatan yang baik, serta cuaca yang bagus. Para pensiunan juga mengakui bahwa biaya hidup di sini terbilang cukup murah.

Sebagai contoh, harga properti Portugal lebih murah dibandingkan harga properti di Perancis. Negara Portugal bahkan memiliki komunitas pensiunan terbesar ketiga setelah Spanyol dan Perancis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Spanyol

3. Spanyol

Negara Spanyol memiliki komunitas pensiunan terbesar di Eropa dengan tingkat kejahatan yang cukup rendah dibandingkan beberapa negara di dunia. Dengan kota-kota indah seperti Madrid dan Barcelona, suasana pedesaan di Catalonia, serta tempat bersejarah seperti Toledo membuat negara ini menjadi favorit destinasi wisata serta tempat tinggal pensiunan.

4. Barbados

Pulau yang berada di kepulauan Karibia ini memiliki pantai yang indah, serta penduduk yang bersahabat. Tempat ini juga memiliki fasilitas kesehatan yang baik, pajak properti yang rendah, serta temperatur udara yang normal.

3 dari 3 halaman

5. Australia

5. Australia

Para pensiunan di negara ini mungkin sempat merasa kecewa karena dolar Australia yang terus menguat mengingat tingginya permintaan ekspor komoditas di Australia beberapa tahun terakhir. Tetapi, hal ini tidak menyurutkan 1,3 juta pensiunan dari luar negeri untuk tinggal di sini. Harga properti di negara ini terbilang mahal, tetapi pajak perumahan dan biaya fasilitas kesehatan di sini cukup murah.

6. Thailand

Sebagai salah satu negara berkembang, Thailand memiliki cara hidup tersendiri yang menyenangkan bagi para pensiunan. Selain kota yang ramai, masakan yang enak, penduduk yang ramah, harga properti di sini juga terbilang murah. 41.000 pensiunan dari luar negeri menyukai tinggal di negara ini, dan menikmati negara dengan banyak kekayaan budaya di Asia Tenggara tersebut. (Aldo Lim/nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pensiun seseorang yang sudah tidak bekerja lagi karena usianya sudah lanjut dan harus diberhentikan, ataupun atas permintaan sendiri.

    Pensiun

  • negara

Video Terkini