Sukses

7 Tanda Anda Akan Dipecat Bos

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang senang ketika kehilangan pekerjaannya, karena di hari terakhir mereka bekerjapun masih mendapat pesangon. Ada pula yang merasa bahwa pekerjaannya baik-baik saja, tapi tiba-tiba dipecat oleh atasannya. Menjadi buta akan keadaan seperti ini akan merusak harga diri Anda dan semakin menyulitkan Anda untuk bisa bangkit dan memulainya kembali dari awal.

Terkadang, pemecatan bisa terjadi kapan saja. Tapi sering juga ada tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Anda akan dipecat oleh atasan.

Jika Anda melihat 7 tanda ini dalam pekerjaan Anda, persiapkan diri Anda kembali untuk membuat CV yang baru. Berikut daftarnya seperti dilansir dari Cheatsheet, Senin (8/8/2016).

1. Teman Sekantor Anda Mulai Bersikap Aneh

Teman sepekerjaan yang mulai memperlakukan Anda berbeda dari biasanya, artinya selangkah lagi Anda harus mempersiapkan diri untuk menghadapi pemecatan. Jika banyak dari mereka yang menanyakan bagaimana pekerjaan Anda, itu artinya bisa jadi mereka yang akan mengambil pekerjaan Anda.

“Kebanyakan teman sepekerjaan Anda sudah mengetahui (bahwa Anda akan dipecat), dan mereka membiarkan itu untuk menjadi sebuah kejutan,” ujar Robert C. McMillan, penulis buku The Next Gen Leader.

2. Pekerjaan Anda Bisa Digantikan Oleh Komputer

Jika komputer bisa mengerjakan sesuatu sebaik atau lebih baik dari Anda, berhati-hatilah. Perusahaan Anda juga berpikir akan lebih murah jika mempekerjakan komputer karena tidak perlu membayar bonus jika diperlukan untuk lembur.

“Jika jenis pekerjaan Anda bisa dikerjakan oleh mesin, mungkin Anda harus mencari jenis pekerjaan lain. Ini hanya permasalahan waktu saja sebelum perusahaan Anda memutuskan bahwa mesin bisa mengerjakan pekerjaan Anda dengan uang yang lebih sedikit,” ungkap Cheryl Palmer, perwakilan dari Call to Career.

3. Tanggung Jawab Anda Mulai Berkurang

Jika beberapa pekerjaan kantor yang seharusnya diselesaikan oleh Anda tapi justru diserahkan ke orang lain, jangan senang dulu karena Anda bisa mendapat waktu istirahat lebih. Karena, ini bisa menjadi sebuah tanda jika tanggung jawab Anda dalam bekerja dinilai perusahaan sudah menurun dan mereka siap memecat Anda.

“Jika Anda seorang karyawan senior dan perusahaan memberikan tugas khusus lalu menyuruh Anda untuk meninggalkan tanggung jawab pekerjaan Anda sebelumnya supaya Anda lebih fokus pada “tugas khusus” tersebut, makan bersiaplah karena mereka sebentar lagi akan memecat Anda,” Ujar Suzanne Lucas seorang mantan HR Eksekutif dan The Evil HR Lady.

4. Hasil Pekerjaan Anda Menurun Drastis

Per semester atau setiap tahunnya perusahaan akan menilai kinerja Anda, baik dengan memberi feedback baik atau buruk. Jika Anda melakukan satu kesalahan lalu mendapat peringatan dari atasan dan Anda tidak melakukan perubahan apapun, itu bisa menjadi tanda bahwa akan segera dipecat.

1 dari 2 halaman

5. Hubungan Anda dengan Atasan Berubah

5. Hubungan Anda dengan Atasan Berubah

Jika konflik Anda dengan atasan semakin bertambah itu bukanlah pertanda baik bagi karir Anda di kantor. Terlebih lagi jika supervisor Anda tidak lagi mengajak anda makan siang bersama, tidak menyertakan Anda dalam rapat atau semakin menjauh dalam komunikasi, itu juga mengkhawatirkan karir Anda di kantor.

Mungkin ia tahu bahwa Anda akan segera di pecat, oleh karena itu mereka memperlakukan Anda dengan cara berbeda.

6. Lebih Banyak Mendapat Kritikan daripada Pujian

Jika tiba-tiba Anda mendapat mendapatkan beberapa email dan memo, berhati-hatilah karena bisa jadi atasan Anda sedang mengingatkan semua kesalahan Anda dalam pekerjaan. Itu artinya pekerjaan Anda sedang dalam ambang batas untuk pemecatan.

7. Anda Merasa Ada Sesuatu yang Salah

Jika Anda tidak bisa mengidentifikasi ke enam tanda di atas, tapi firasat Anda mengatakan sedang terjadi sesuatu yang alah di kantor makan dengarkanlah. Ini merupakan perasaan yang sangat umum ketika seseorang bisa mengidentifikasi sedang terjadi sesuatu yang salah di kantor.

Anda harus memperhatikannya selama beberapa hari, jika dalam beberapa hari tersebut suasana kantor masih seperti firasat pertama Anda, maka tidak lama lagi Anda akan dipecat oleh atasan Anda. (Nabila)