Sukses

Keyakinan Pengusaha ke Ekonomi RI Turun pada Kuartal III

Meski kegiatan bisnis di Indonesia akan meningkat pada kuartal III tetapi tak diikuti optimisme pelaku usaha untuk ekonomi Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) memproyeksikan kegiatan bisnis di Indonesia akan meningkat di kuartal III-2016. Sayangnya, optimisme pengusaha terhadap ekonomi Indonesia di periode tersebut justru menurun karena faktor global.

Kepala BPS, Suryamin mengungkapkan, berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 14 ribu pelaku usaha di seluruh Indonesia, hasilnya menunjukkan kondisi bisnis di kuartal III-2016 diperkirakan meningkat dibanding kuartal II.

"Peningkatan kondisi bisnis terutama karena ada kenaikan persepsi bisnis pada semua komponen indeks," ujar dia saat ditemui di JCC, Jakarta, Jumat (5/8/2016).

Suryamin menuturkan, kondisi bisnis di kuartal III diproyeksikan meningkat pada seluruh lapangan usaha, tertinggi sektor Informasi dan Komunikasi dengan Indeks Tendensi Bisnis (ITB) 119,58.

Kemudian lapangan usaha Administrasi Pemerintahan Pertahanan dan Jaminan Sosial Wajib 114,93, serta Pengadaan Listrik dan Gas 112,59. Sedangkan terendah di usaha Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial 106,17.

"Lapangan usaha yang paling pesimis di kuartal III masih Pertambangan dan Penggalian dengan ITB 98,39," tutur Suryamin.

Selain itu, Suryamin mengakui, tingkat optimisme pelaku bisnis pada di kuartal III diperkirakan sedikit menurun dibanding kuartal II. BPS memproyeksikan nilai ITB kuartal III ini sebesar 109,06 atau turun dari realisasi 110,24 di kuartal II.

"Optimisme pelaku bisnis terhadap ekonomi Indonesia menurun karena pengaruh global, seperti brexit (keluarnya Inggris dari Uni Eropa). Tapi karena ITB masih di atas 100, kondisi bisnis meningkat," ujar dia. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini