Sukses

Ini Untungnya Karyawan Punya Bisnis Sampingan

Bagi karyawan kantoran, sebenarnya lebih banyak manfaat finansial yang diperoleh bila menjalankan bisnis sampingan.

Liputan6.com, Jakarta - Kenaikan harga barang kebutuhan pokok membuat banyak karyawan sulit mengatur keuangan. Sebenarnya, hal ini bisa disiasati dengan menjalani bisnis sampingan. Bagi karyawan kantoran, sebenarnya lebih banyak manfaat finansial yang diperoleh bila menjalankan bisnis sampingan.

Apa saja keuntungannya? Berikut 5 keuntungan karyawan bila punya bisnis sampingan seperti dikutip dari CekAja.com:

Punya penghasilan tambahan

Dengan punya bisnis sampingan, Anda bakal punya tambahan penghasilan. Inilah salah satu keuntungan yang sangat membantumu. Dengan tambahan pendapatan, kondisi keuangan akan membaik. Tuntutan mengatur keuangan bisnis juga bakal membuat Anda lebih lihai dalam mengelola keuangan.

Ada keuntungan pajak

Biasanya, skala bisnis sampingan masih kecil. Apabila perputaran uang dalam bisnis sampinganmu kurang dari 500 juta, maka Anda bakal dibebaskan dari pajak. Menguntungkan bukan? Maka tidak ada salahnya untuk memulai bisnis sampingan dari sekarang.

(Baca juga: Alasan Agen Travel Adalah Profesi Terbaik Dalam Hidup)

Kalau tidak punya dana, coba ajukan kredit usaha ke bank. Anda bisa gunakan bantuan situs perbandingan kredit secara gratis untuk membantu mendapatkan pinjaman terbaik.

Anda bisa jadi bos untuk dirimu sendiri

Dengan usaha sampingan, maka ada pendapatan lebih. Apabila sumber pendapatan utama tiba-tiba hilang, Anda masih punya sumber pendapatan lain. Anda pun bisa mengontrol hidupmu sendiri dan tidak bergantung pada satu pekerjaan saja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

nilai plus

Bisa jadi nilai plus di resume

Pengalaman mengelola bisnis bakal bermanfaat saat Anda mencari pekerjaan. Pengalaman Anda itu bisa digunakan untuk memperkuat CV sehingga perusahaan akan menganggap Anda mampu mengemban tugas pekerjaan.

Sangat mungkin untuk mendapatkan posisi level atas seperti manajer kalau punya pengalaman membangun bisnis sendiri. Jadi, tidak perlu ragu untuk menjalani bisnis sampingan walau masih punya pekerjaan tetap.

(Baca juga: Di Era Internet 5 Keahlian Ini Bisa Hasilkan Banyak Uang)

Meningkatkan kebahagiaan

Punya bisnis sampingan yang sesuai dengan minat atau hobi bisa meningkatkan kebahagiaan. Hal itu terbukti dengan sebuah penelitian di Amerika Serikat yang mengatakan 77 persen pemilik bisnis lebih bahagia dibanding para pekerja kantoran biasa. Fakta ini membuktikan bahwa sebaiknya karyawan tidak hanya bekerja saja melainkan perlu mengembangkan bisnis sendiri. (Ndw/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini