Sukses

Pemerintah Belum Pertimbangkan Kapal Tangkap Ikan Asing di Natuna

Menko Bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan menuturkan pemerintah sedang dorong penangkapan ikan di Natuna.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menampik soal rencana mendatangkan investor asing di bidang penangkapan ikan di kawasan Natuna. Sebagaimana diketahui, saat ini penangkapan ikan tertutup untuk asing.

Luhut menegaskan, belum ada pembicaraan mengenai rencana untuk mendatangkan investor asing. "Tidak ada. Kita belum bicara masalah asing masuk," kata dia di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (5/8/2016).

Namun, Luhut mengatakan saat ini pemerintah sedang mencari cara untuk mendorong penangkapan ikan di Natuna. Dia mengatakan, hal tersebut sebagai imbas dari rencana pengembangan Natuna.

"Saya kaget ada cerita itu. Kita hanya melihat berbagai macam opsi dan kita lagi hitung berapa  kemampuan eksplorasi ikan. Dan perintah Presiden supaya segera ada pasar ikan di Natuna. Kalau ada pasar ikan, konsekuensinya harus ada penangkapan," jelas Luhut.

Saat ditanya apakah akan mendatangkan asing, Luhut enggan komentar. Dia menuturkan, saat ini sedang menunggu data tangkapan ikan di Natuna. "Datanya belum lengkap. Kita belum bisa bicara," ujar dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.