Sukses

BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi RI 5,2 Persen hingga September

Bank Indonesia menyatakan untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi itu ada sejumlah hal yang harus dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mengapresiasi pencapaian pertumbuhan ekonom‎i Indonesia yang mencapai 5,18 persen pada kuartal II 2016. Tren pertumbuhan ekonomi ini diperkirakan berlanjut hingga laporan pertumbuhan ekonomi pada kuartal III 2016.

Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo mengungkapkan untuk menjaga momentum baik ini ada beberapa hal yang harus dilakukan.‎

"Ke depan kami harus terus mengupayakan agar betul-betul konsumsi rumah tangga dan konsumsi pemerintah investasi bisa terus berkembang‎. Kami prediksi pertumbuhan ekonomi 5,2 persen pada kuartal III," ujar Agus di Gedung Bank Indonesia, Senin (8/8/2016).

Agus menuturkan, pertumbuhan ekonomi yang positif pada kuartal II dipengaruhi faktor musiman. Hal ini termasuk musim panen beberapa komoditas yang bergeser.

Untuk itu, laju investasi di sektor swasta hingga Juli 2016 yang belum meningkat signifikan, menjadi salah satu perhatian bagi pemerintah. Diharapkan investasi swasta ini bisa mendorong laju pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III dan IV 2016.

‎"Belum secara struktural ekonomi menguat maka kami perkirakan pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun 5,1 persen," ujar Agus. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini