Sukses

4 Tips Sukses Atur Keuangan

Tips atur keuangan agar sukses adalah melakukan pengaturan tersebut dari sekarang, membuat tujuan yang jelas, berhemat, dan melunasi utang.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan. Beberapa hal yang menyulitkan adalah mengatur rencana keuangan, hingga membiasakan diri agar tetap disiplin dalam mengatur keuangan.

Mengutip dari laman More, Senin (14/8/2016), pengaturan keuangan adalah hal yang penting agar mencapai kesuksesan. Berikut 4 tips atur keuangan agar sukses.

1. Lakukan Sekarang

Salah satu tips agar dapat mengatur keuangan dengan baik adalah tidak menunggu waktu yang tepat untuk melakukannya. Semakin cepat Anda dapat mengatur keuangan tersebut, semakin baik bagi diri sendiri.

“Anda dapat memulai pengaturan keuangan pada usia berapa pun, saran pertama dari saya adalah Anda harus belajar terlebih dahulu tentang pengaturan keuangan yang baik,” ujar Peg Webb, salah satu senior di Wealth Enchancement Group di Minneapolis.

2. Atur Tujuan yang Jelas

Langkah selanjutnya yang harus diambil dalam mengatur keuangan adalah menentukan hal terpenting bagi diri Anda. Apakah Anda ingin membeli sebuah rumah? Atau apakah ingin menyiapkan dana pensiun?.

Anda harus membuat tujuan keuangan yang jelas, dan menghitung seberapa lama akan mencapai tujuan tersebut. Anda juga dapat membayangkan keuangan Anda pada 5, 10, bahkan 15 tahun lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Berhemat

3. Berhemat

Kesuksesan finansial dapat ditentukan oleh langkah-langkah yang Anda ambil, bahkan pada saat masih muda. “Orang-orang yang sukses menurut saya adalah mereka yang terbebas utang, dan hidup sesuai dengan kekayaan yang mereka miliki,” ujar Peg Webb.

Bagi Webb, keuangan harus selalu memiliki keseimbangan. “Pertanyaan terbesar adalah apakah Anda hidup hanya untuk saat ini, atau apakah akan tetap hidup besok? Jawaban kami adalah kedua-duanya harus selalu Anda perhitungkan,” ujar Webb.

Menurut dia, dengan memahami filosofi ini, seseorang akan menyisakan uang untuk kehidupan esok harinya, tetapi tetap memikirkan bagaimana keuangan mereka pada hari ini.

4. Lunasi utang

Jika Anda memiliki utang, cara terbaik untuk mengatur keuangan Anda adalah membayar utang tersebut secepat mungkin. Pembayaran terhadap bunga utang yang Anda miliki selalu meningkat dari waktu ke waktu. Dan Anda mungkin akan mengalami kesulitan membayar utang.

Salah satu indikator pengaturan keuangan Anda telah sukses adalah terbebas dari utang. (Aldo Lim/nrm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini