Sukses

Garuda Indonesia Masuk Daftar Maskapai Terbaik di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Enam hari lalu atau tepatnya pada 3 Agustus, pesawat Emirates dengan nomor Penerbangan EK521 mengalami kecelakaan dan melakukan pendaratan darurat di Bandara Internasional Dubai. Namun meskipun baru saja mengalami kecelakaan, maskapai penerbangan tersebut tetap menjadi pilihan terbang bagi warga dunia.

Bahkan, berdasarkan organisasi internasional yang memberikan pemeringkatan kepada maskapai, Skytrax, Emirates masuk daftar pertama maskapai udara terbaik di dunia.

Garuda Indonesia juga masuk ke dalam daftar maskapai terbaik di dunia. Garuda menjadi satu-satunya maskapai penerbangan asal Indonesia yang bisa masuk ke dalam daftar tersebut.

Seperti yang dilansir oleh businessinsider.co.id, Selasa (9/8/2016), peringkat tersebut berdasarkan survei kepada 19,2 juta penumpang yang tersebar di 104 negara yang berbeda di seluruh dunia.

Survei tersebut melibatkan 280 maskapai udara yang diukur dari 41 parameter dari proses boarding hingga kenyamanan serta kualitas servis maskapai itu sendiri. 

Berikut ada 12 maskapai udara terbaik di dunia versi Skytrax:

1. Emirates

Dalam 30 tahun terakhir Emirates telah berkembang pesat menjadi maskapai jarak jauh terbaik di dunia. Beroperasi hampir secara eksklusif di Bandar Udara Internasional Dubai, operator menawarkan armada terbesar di dunia Airbus superjumbo A380 dan Boeing 777.

Selain itu, Emirates juga menyabet penghargaan sebagai maskapai dengan hiburan terbaik di dunia versi Skytrax selama 12 tahun terakhir.

2. Qatar Airways

Tahun lalu Qatar menduduki posisi pertama sebagai maskapai terbaik dan kini turun peringkat di posisi 2. Walaupun begitu berdasarkan survei penumpang Qatar Airways sangat puas dengan kenyamanan kursi penumpang dan fasilitas hiburan terbaik.

Selain itu maskapai yang berbasis di Doha ini juga mendapat penghargaan sebagai maskapai dengan kelas bisnis terbaik dan maskapai dengan longue terbaik.

Kelas ekonomi di pesawat ini menawarkan fitur koneksi langsung pada layar kursi mereka melalui ponsel maupun tablet.

3. Singapore Airlines

Maskapai ini terkenal akan perlakuan pramugarinya yang penuh santun dan sangat menghormati penumpangnya. Maskapai yang berbasis di Bandara Internasional Changi ini terkenal akan fasilitas terbaiknya dan pernah merebut penghargaan sebagai Bandar Udara Terbaik selama 4 tahun berturut-turut.

Selain itu Singapore Airlines juga memenangkan maskapai terbaik di Asia dan kelas bisnis terbaik di dunia.

4. Cathay Pacific Airways

Maskapai yang berbasis di Hong Kong ini turun satu peringkat dari tahun lalu, namun maskapai ini tetap bisa menempatkan diri sebagai yang terbaik di kawasan Pasifik.

Berdasarkan survei, maskapai ini menempati posisi tertinggi untuk kenyamanan kursi, kualitas pelayanan dan hiburan. Cathay Pacific juga menang untuk kategori maskapai dengan kabin terbersih dan lounge kelas satu terbaik.

5. All Nippon Airways

Maskapai ini merupakan yang terbesar di Jepang dan menjadi rumah bagi armada terbesar yaitu Boeing 787 Dreamliners. ANA mendapatkan nilai sempurna untuk kebersihan, pelayanan dan keselamatan.

Maskapai ini juga memenangkan kategori sebagai maskapai dengan pelayanan di bandara terbaik dan maskapai dengan pelayanan staf terbaik di dunia.

1 dari 4 halaman

6-10

6. Etihad Airways

Maskapai yang berbasis di Kota Abu Dhabi, Uni Emirat Arab ini terkenal akan pesawat jenis Airbus dan Boeingnya yang melayani 100 destinasi perjalanan di seluruh dunia.

Pada tahun 2016 ini, Etihad Airways berhasil memenangkan kategori untuk maskapai kelas satu terbaik, pelayanan kelas satu terbaik dan katering kelas satu terbaik di dunia.

7. Turkish Airlines

Maskapai yang seluruh kegiatannya berpusat di Bandar Udara Ataturk, Istanbul, Turki ini terkenal akan kemampuannya untuk terbang dilebih dari 100 negara dan 200 kota di seluruh dunia.

Turkish Airlines yang menjadi anggota dari Star Alliance ini telah memenangkan Maskapai Terbaik Eropa versi Skytrax selama 6 tahun berturut-turut.

Maskapai ini juga memenangkan maskapai terbaik di Eropa Selatan, katering kelas bisnis terbaik dan lounge kelas bisnis terbaik di dunia.

8. EVA Air

Maskapai milik Taiwan ini mulai berkembang pesat selama dua dekade terakhir dan kini sudah mengoperasikan armada Airbus dan Boeing.

EVA Air juga menjadi pionir adanya kabin premium untuk kelas ekonomi. Maskapai ini juga menyabet penghargaan sebagai maskapai trans-pasifik terbaik di dunia.

9. Qantas

Setelah berjuang melawan kerugian finansial yang melanda internal maskapai, kini Qantas kembali solid. Maskapai ini mampu menjadi yang terbaik dalam melayani konsumen dan hiburan dalam pesawat.

10. Lufthansa

Foto: Dailumail.co.uk

Maskapai terbesar di Eropa ini telah mengalami pemotongan anggaran yang signifikan dan masalah perburuhan dalam beberapa tahun terakhir, tetapi layanan dan kualitas secara keseluruhan masih luar biasa.

Pelayan Lufthansa terkenal sangat baik, tapi yang terbaik adalah ketika Lufthansa mampu meluncurkan A380 Superjumbo dan 748-8 Intercontinental.

Maskapai Jerman ini juga meraih penghargaan sebagai Maskapai Trans-atlantik Terbaik dan maskapai terbaik di Eropa Barat.

2 dari 4 halaman

11-15

11. Garuda Indonesia

Maskapai kebanggaan Indonesia ini turun 3 peringkat dari tahun lalu yang menempati posisi 8. Indonesia telah mengalami perubahan dramatis dalam beberapa tahun terakhir.

Indonesia telah melakukan pembaharuan armada dan perbaikan layanan, ini dilakukan untuk mendapatkan kembali kepercayaan dari penumpang dan pihak terkait lainnya. Tahun ini pramugari Garuda Indonesia berhasil merebut penghargaan sebagai Kru Kabin Terbaik di Dunia.

12. Hainan Airlines


Hainan Airlines adalah satu-satunya maskapai asal China yang mendapat rating bintang 5 dari Skytrax. Dengan armada Boeing dan Airbus Jetnya yang berjumlah lebih dari 160 unit, Hainan sudah melebarkan sayapnya hingga Asia, Eropa dan Australia.

Berdasarkan pelayanan yang baik dan kualitas akomodasi kelas bisnis yang memuaskan membuat Hainan Airlines layak masuk dalam daftar yang dirilis Skytrax.

13. Thai Airways

Maskapai ini sudah lama menjadi pionir untuk kualitas pelayanan yang baik, sehingga mengejutkan jika Thai Airways menempati posisi bawah. Walaupun selalu digembor-gemborkan sebagai pemilik layanan kelas satu terbaik, sebenarnya kelas ekonomi dari maskapai ini juga tak kalah baiknya.

Sehingga kini Thai Airways mampu merebut penghargaan sebagai Maskapai yang Paling Berkembang dan Maskapai dengan Fasilitas Spa Terbaik di dunia.

14. Air France

Naik satu peringkat dari tahun lalu dan kini dinobatkan sebagai Maskapai yang Paling Berkembang merupakan alasan mengapa Air France menjadi salah satu maskapai terbaik di dunia.

Walaupun sempat terbelit kasus karyawan dan finansial, perusahaan ini mampu merubah keadaan dan menjadi yang terbaik dengan kelas satunya yang diberi nama La Premiere.

15. Swiss International Airlines

Kini Swiss International Airlines menjadi anggota dari koorporasi keluarga Lufthansa. Maskapai ini memiliki armada Airbus A330-300 dan 340-300. Walaupun kenyamanan kursi maskapai ini masih terbilang kurang, namun ia memiliki pelayanan yang terbaik bagi seluruh penumpangnya.

3 dari 4 halaman

16-20

16. Asiana

Sekali lagi maskapai milik Korea Selatan ini mampu menyabet penghargaan sebagai Maskapai Kelas Ekonomi Terbaik dan Katering Kelas Ekonomi Terbaik di dunia. Ini dibuktikan dari pelayanan maskapai yang memuaskan. Kini Asiana memiliki armada baru yaitu Airbus dan Boeing Jets.

17. Air New Zealand

Maskapai ini sukses menyabet penghargaan sebagai Maskapai dengan Kelas Ekonomi Premium Terbaik dan Maskapai dengan Kursi Ternyaman untuk Kela Ekonomi Premium. Ini kelima kalinya Air New Zealand menyabet penghargaan yang sama.

18. Virgin Australia

Maskapai milik miliarder Richard Branson ini mampu tumbuh dengan pesat sejak ditemukan pada tahun 2000. Virgin Australia memiliki armada untuk kaoasitas besar yaitu Boeing 777 dan Airbus A330 jets dengan interior dan penvahayaan yang sangat indah.

19. Austrian Ailines

Austrian Airlines harus bersusah payah menyelesaikan masalah pekerjanya yang sudah terjadi sejak beberapa tahun terakhir. Tapi perusahaan ini mampu membalikan keadaan dan menjadi Maskapai dengan Staf Pelayan Terbaik di Eropa dengan armada Boeing 767-3000 dan 777-200 miliknya yang berbasis di kota Vienna.

20. Bangkok Airways

Maskapai yang belum banyak dikenal oleh masyarakat lokal ini sebenarnya menjadi favorit bagi para pelancong lua negeri. Tahun ini Bangkok Airways masuk dalam 20 besar maskapai terbaik versi Skytrax dengan penghargaan sebagai Maskapai Lokal Terbaik dan Maskapai Lokal Terbaik di Asia. (Nabila/Gdn)