Sukses

Penumpang Garuda Rute Jayapura Jadi Pengguna Pertama Terminal 3

‎Penumpang Maskapai PT Garuda Indonesia (Persero) bakal menjadi penumpang perdana yang merasakan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Liputan6.com, Jakarta - ‎Penumpang Maskapai PT Garuda Indonesia (Persero) bakal menjadi penumpang perdana yang merasakan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang Banten. Pesawat Garuda Indonesia dengan rute Jakarta-Jayapura akan menjadi pesawat pertama yang terbang dari terminal tersebut.

Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo mengatakan, para penumpang rute Jakarta-Jayapura sudah bisa melakukan check in pada hari ini, Senin (8/8/2016). "Malam ini pukul 23.00 WIB sudah bisa mulai untuk check in untuk flight pertama penerbangan ke Jayapura‎," kata Arif saat dikonfirmasi Liputan6.com, Senin (8/8/2016).

Penerbangan dari Bandara Soetta menuju Jayapura sendiri dijadwalkan Selasa, (9/8/2016) pukul 01.20 WIB. Setelah itu, penerbangan kedua untuk tujuan ke Ternate dengan jadwal pukul 01.40 WIB. Dengan dioperasikannya Terminal 3, maka secara berkesinambungan, seluruh penerbangan Garuda akan diterbangkan dari Terminal 3 dari terminal 2. 

Setelah Garuda Indonesia tak lagi menggunakan Terminal 2 Bandara Soetta, direncanakan penerbangan maskapai selain Lion Air yang ada di Teminal 1 akan dipindahkan ke Terminal 2. Dan Terminal 1 sendiri akan dikhususkan untuk penerbangan Lion Air.

"Tadi jam 15.35 WIB sebenarnya sudah dicoba dengan boarding penerbangan ke Tanjung Karang menggunakan Terminal 3 baru, dan lancar," tegas Arif.

Sebelumnya pada 6 Agustus 2016, PT Angkasa Pura (AP) II mengungkapkan akan menyiapkan 130 personil jelang pengoperasian Terminal 3. Para petugas tersebut bertugas memberi arah atau informasi kepada penumpang maupun pengunjung di terminal yang bisa menyaingi Airport Changi di Singapura tersebut.

"Nantikan masih bingung ya, turun di mana, check in di mana. Makanya kami akan menambahkan 130 orang karyawan yang akan disebar di setiap pintu," tutur Direktur Pelayanan dan Fasilitas AP II Ituk Herarindri di Tangerang, Sabtu (6/8/2016).

Para petugas itu akan mengenakan pakaian khusus agar mudah terlihat pengunjung Terminal 3. Seperti memakai topi oranye dan kaos putih. Mereka akan disebar di tiap pintu kedatangan dan keberangkatan yang ada di terminal tersebut. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini