Sukses

Begini Suasana Pengoperasian Perdana Terminal 3 Bandara Soetta

Mskapai yang melakukan penerbangan perdana adalah Garuda Indonesia tujuan Jakarta-Jayapura dengan jadwal keberangkatan pukul 01.20 WIB.

Liputan6.com, Tangerang - Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) resmi beroperasi pada Selasa dini hari, 9 Agustus 2016. Adapun maskapai yang melakukan penerbangan perdana adalah Garuda Indonesia tujuan Jakarta-Jayapura dengan jadwal keberangkatan pukul 01.20 WIB.

Dari pantauan Liputan6.com di terminal ini, mulai dari boulevard masuk area Bandara Soetta, sudah terpampang penunjuk jalan menuju Terminal 3. Di area drop off, terlihat beberapa kendaraan umum sudah mulai berlalu lalang. Nampak juga pool taksi sudah terpampang di depan pintu kedatangan yang ada di lantai dasar.

Sejumlah penumpang dengan berbagai barang bawaannya mulai menurunkan barangnya dari mobil masing-masing di area drop off keberangkatan yang ada di lantai 2. Troli, eskalator dan lift, sudah berfungsi normal.

Setelah memasuki pintu keberangkatan para calon penumpang langsung dihadapkan dengan check in island. Saat ini check in island barudioperasikan dua area. Nampak para calon penumpang langsung melakukan check in dan terlihat tidak ada antrean.

Berbeda dari terminal lainnya di Bandara Soekarno Hatta, proses pemasukan bagasi langsung dilakukan sistem komputerisasi dan langsung diarahkan ke dekat pesawat masing-masing tujuan.

Tua, muda, warga negara Indonesia (WNI) dan Warga negara asing (WNA) mulai berlalu lalang‎ di lantai 2. Sejumlah petugas customer service berpakaian jas dan berdasi terlihat tersebar di area terminal dan terus mengarahkan para calon penumpang.

Di area check in, dalam pengoperasian perdana ini sejumlah gerai sudah beroperasi dan dikerubungi para calon penumpang.
"Penumpang Garuda Indonesia GA648 tujuan Ternate diharap untuk bisa memasuki ruang tunggu," kata petugas bandara melalui pengeras suara.

Sejumlah penumpang mulai diarahkan petugas untuk memasuki ruang tunggu di lantai dasar tepat berhadapan dengan pesawat. Di ruang tunggu ini sejumlah penumpang nampak melemparkan pandangannya ke beberapa sudut ruangan.

"Besar sekali terminal ini ya, seperti di luar negeri," ucap salah satu calon penumpang kepada rekannya di ruang tunggu.

Dini hari ini, penerbangan Garuda Indonesia rute Jakarta-Jayapura menjadi yang pertama di yang diberangkatkan pada pukul 01.20 WIB. Setelah itu, dilanjutkan penerbangan kedua dengan tujuan‎ Jakarta-Ternate pukul 01.45 WIB.(Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini