Sukses

Jawab Dulu 7 Pertanyaan Ini agar Sukses Wawancara Kerja

Seorang kandidat yang pintar sekalipun jika tidak mempersiapkan dengan baik bisa membuat wawancara jadi berantakan.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang kandidat yang pintar sekalipun jika tidak well-prepared (mempersiapkan dengan baik), wawancara kerja bisa jadi berantakan. Sebagai bocoran, perusahaan akan menilai Anda secara tiga dimensi seperti dikutip dari Karir.com:

1. Teknikal

Perusahaan ingin tahu apakah kemampuan Anda sesuai dengan kebutuhan mereka. Misal jika mereka mencari Sales Manager, tentunya mereka tidak akan melirik kemampuan Mechanical Engineer, namun masih bisa melihat potensi seorang Trade Sales.

2. Passion

Jika digambarkan dengan kalimat tanya, kira-kira bunyinya, “Berapa lama Anda akan bekerja di perusahaan kami?” Tentu saja perusahaan menghindari kandidat “kutu loncat” yang baru bekerja tiga bulan sudah keluar.

Mereka mengharapkan talenta yang tepat dan mau berkarier lama dengan mereka. Dimensi ini berkaitan dengan passion Anda, dan apakah passion Anda cukup kuat untuk posisi yang mereka butuhkan.

3. Cultural fit

Kalau digambarkan dengan kalimat tanya, kira-kira bunyinya, “Bisa nggak ya Anda bekerja dengan kultur kita?” Dimensi ini adalah yang paling penting dari ketiganya, karena bisa saja Anda memiliki passion yang kuat dan skill yang relevan, namun kalau secara kultural tidak masuk, bisa dibilang usaha Anda sia-sia.

Mengingat ketiga poin di atas, sebaiknya Anda mempersiapkan personal inventory sebelum wawancara. Sesuai namanya, personal inventory adalah kumpulan catatan tentang diri Anda sendiri (self assessment) yang menjawab ketiga pertanyaan di atas.

Apa saja yang sebaiknya Anda tulis dalam personal inventory? Berikut 7 daftarnya:

•    Apa saja tanggung jawab Anda dalam pekerjaan Anda?
•    Apa saja pencapaian Anda?
•    Bagaimana strategi pencapaiannya?
•    Mengapa pencapaian-pencapaian tersebut penting bagi Anda?
•    Bagaimana gaya kepemimpinan, gaya kerja, gaya komunikasi (dan lain-lain) Anda?
•    Apa saja kekuatan dan kelemahan Anda?
•    Bagaimana Anda akan meningkatkan performa Anda di masa mendatang?

Dengan mempersiapkan hal ini jauh-jauh hari, Anda akan jauh lebih siap menghadapi wawancara, bahkan untuk menjawab pertanyaan tersulit sekalipun.

Penulis

Dino Martin

CEO Karir.com

(Ndw/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.