Sukses

Tak Kunjung Dapat Kerja? Mungkin Anda Lakukan 4 Kesalahan Ini

Liputan6.com, Jakarta Mencari pekerjaan memang sulit. Anda harus membuat belasan CV dan terus memantau situs lowongan pekerjaan, banyak berdoa agar wawancara kerja Anda berjalan lancar dan segera diterima di perusahaan tersebut.

Namun terkadang tak peduli seberapa keras Anda mencoba dan mempersiapkan segalanya tetap saja wawancara kerja Anda tidak berhasil, seolah usaha yang Anda lakukan masih belum cukup untuk bisa diterima di perusahaan yang Anda inginkan.

Seperti dilansir oleh Cheatsheet.com, Jumat (16/9/2016), mungkin tanpa disadari Anda telah melakukan 4 kesalahan yang membuat Anda tidak bisa diterima bekerja. Berikut 4 kesalahan yang dimaksud:

1. Tidak Antusias Saat Wawancara

Walaupun Anda sedang dirundung masalah dan sedang dalam suasana hati yang buruk, ketika wawancara kerja semua itu harus Anda tutupi. Jangan sekali-sekali datang dengan muka masam untuk wawancara. Tidak ada perusahaan yang ingin mempekerjakan seseorang yang selalu mengeluh dan bermuka masam.

Benar jika perusahaan seharusnya lebih memperhatikan skill yang Anda punya, tapi mereka juga ingin bekerja dengan orang yang tidak memberi dampak negatif pada tim.

2. Tidak Mempersiapkan Diri

Sebelum melakukan wawancara kerja, pastikan Anda sudah mempersiapkan hal-hal yang mendasar. Ini bukan masalah Anda menggunakan baju dan tatanan rambut yang baik saja, setidaknya Anda harus mengetahui informasi mengenai perusahaan yang ingin Anda lamar atau mengetahui informasi tentang pewawancara Anda.

Pengamat Karier Maggie Reyes mengatakan, persiapan saat wawancara sangat sederhana. Cukup dengan buka situs resmi perusahaan tersebut maka Anda akan mendapatkan semuanya. Terdengar sepele memang, namun harus diperhatikan agar wawancara Anda tidak berjalan sia-sia.

1 dari 2 halaman

Wawancara telepon

3. Mengabaikan Wawancara Telepon

Hanya karena ini adalah sebuah wawancara via telepon, bukan berarti Anda tidak harus mempersiapkan apapun. Lakukan sebaik mungkin selayaknya Anda wawancara secara langsung.

Sekarang banyak perusahaan yang memilih untuk melakukan wawancara via telepon terlebih dahulu sebelum mengundang Anda untuk wawancara langsung. Jadi, tetap lakukan dua poin di atas dan lakukan yang terbaik.

4. Tidak Membaca Deskripsi Pekerjaan Dengan Baik

Memasukan lamaran ke berbagai posisi tanpa mempelajarinya terlebih dahulu tidak akan membuat Anda cepat mendapat pekerjaan. Pelajari baik-baik deskripsi pekerjaan yang ditawarkan, cari posisi yang paling cocok dengan skill yang Anda miliki.

Jika Anda tidak memperhatikan itu, justru nantinya Anda akan kesulitan ketika wawancara karena Anda tidak mengetahui banyak dengan posisi yang sebenarnya tidak cocok dengan skill yang Anda miliki.

Mulai sekarang perhatikan hal-hal kecil yang sebenarnya sangat mempengaruhi hasil wawancara kerja Anda. Kenali perusahaannya dengan baik, pahami posisi yang sebenarnya cocok untuk Anda, dan kendalikan suasana hati demi kelancaran wawancara kerja Anda. (Nabila/Ndw)

 

Video Populer

Foto Populer