Sukses

Mau Sukses Saat Wawancara Kerja? Hindari 3 Warna Pakaian ini

Liputan6.com, Jakarta - Untuk bisa sukses dalam wawancara kerja merupakan hal yang sulit dilakukan, untuk bisa mendapat pekerjaan pun menjadi jauh lebih sulit. Anda dituntut untuk memperhatikan apa yang diucapkan, gaya rambut seperti apa yang Anda pilih, hingga warna baju yang Anda pilih untuk wawancara kerja pun akan diperhatikan.

Melansir dari laman Cheatsheet.com, Kamis (18/8/2016), setiap warna yang Anda pilih untuk dikenakan saat wawancara sangat berdampak pada penilaian seseorang, jadi memilih warna yang tepat pun sama pentingnya dengan mempersiapkan bahan untuk wawancara kerja.

Berikut 3 warna baju yang sangat tidak dianjurkan untuk dikenakan ketika wawancara kerja:

1. Jingga 

Walaupun Anda sangat menyukai warna ini, hindari lah ketika ingin melakukan wawancara kerja. Menurut penulis buku Captivalogy: The Science of Capturing People’s Attention Ben Parr, menyatakan bahwa secara otomatis orang akan bereaksi langsung terhadap cahaya, suara dan warna yang mencolok. Warna jingga akan membuat Anda seperti tidak percaya diri. 

Berdasarkan survei yang dilakukan Harris Interactive untuk Carrerbuilder menujukan bahwa 25 persen atasan kerja menganggap jingga adalah warna yang sangat buruk untuk digunakan ketika melamar pekerjaan karena menunjukkan ketidakprofesionalan seseorang.

1 dari 3 halaman

Merah

2. Merah

Warna cerah seperti merah menunjukkan perasaan seseorang secara langsung, dan bukan perasaan yang positif ketika berbicara mengenai wawancara kerja. Cara aman yang paling mudah dilakukan adalah hindari warna-warna mencolok ketika hendak wawancara kerja.

2 dari 3 halaman

Cokelat

3. Cokelat

Cokelat terkenal sebagai warna netral yang aman jika digunakan diberbagai kesempatan berbeda. Namun, cokelat merupakan warna yang terlalu aman jika digunakan untuk wawancara kerja. Karena kesan aman ini bisa menjadi bumerang tersendiri bagi Anda.

Pewawancara akan berpikir bahwa Anda terkesan pribadi yang tidak menyukai perubahan dan bersikeras untuk melakukan sesuatu sesuai dengan cara yang sering Anda lakukan sebelumnya.

Untuk itu hindari mengenakan pakaian dengan warna-warna di atas, walaupun bagus tetap saja karier dan masa depan Anda jauh lebih penting daripada selera Anda dalam berpakaian. Warna gelap seperti biru donker atau navy lebih dianjurkan untuk dikenakan saat wawancara kerja. (Nabila/Ndw)