Sukses

Ini 7 Atlet yang Jago Berbisnis

Bisnis dan olahraga menuntut adanya kekompakan tim dan jiwa kompetitif. Hal ini menjadi alasan banyak atlet olahraga lihai berbisnis.

Liputan6.com, Jakarta - Bisnis dan olahraga mungkin dua hal yang berbeda, tetapi ada persamaan yang mendasar dari kedua bidang ini. Bisnis dan olahraga sama-sama menuntut adanya kekompakan tim dan jiwa kompetitif. Hal ini mungkin menjadi alasan banyak atlet olahraga ternyata lihai berbisnis.

Mengutip dari Business Insider, Minggu (14/8/2016), ada beberapa atlet yang mulai merambah bisnis untuk menambah pendapatan mereka.

Beberapa atlet bahkan berhasil sukses dari bisnis tersebut. Walau beberapa atlet baru memulai berbisnis setelah pensiun, beberapa atlet memutuskan tetap berbisnis, walau mereka sibuk bertanding, terutama di Olimpiade Rio 2016. Berikut atlet yang tak hanya jago olahraga tetapi juga jalani bisnis:

1. Venus Williams

Bintang tenis dunia ini tidak menunggu dirinya pensiun untuk mewujudkan mimpinya mendirikan perusahaan. Petenis asal Amerika Serikat  di Olimpiade Rio ini adalah pemilik dan Presiden Direktur dari perusahaan baju, Eleven, dan perusahaan desain interior, V Starr Interiors.

Dalam wawancaranya dengan majalah Forbes, Venus mengatakan sebagai seorang atlet dia mengalami banyak tantangan. Dirinya mengaku pengalamannya dalam mengatasi tantangan dan berusaha belajar dari berbagai kekalahan membantu Venus dalam berbisnis.

2. Roger Staubach

Roger s Staubach adalah salah satu atlet American football yang terkenal ketika bertanding bersama tim Dallas Cowboys. Salah satu quaterback terbaik di dunia ini, memutuskan untuk bekerja di perusahaan real estate setelah pensiun dari dunia olahraga.

Awalnya, pria ini bekerja di perusahaan real estate Henry Miller Jr. selama enam tahun, sebelum dirinya memutuskan untuk berbisnis. Bisnis real estatenya, The Staubach Company berhasil berkembang, dan dijual sebesar US$ 613 juta atau Rp 8,03 triliun (Kurs Rp 13.108 per dolar) pada 2008.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

John Elway

3. John Elway

Quarterback legendaris dari tim American Football Denver Broncos, John Elways berusaha merambah dunia bisnis setelah dirinya pensiun. Sejak dirinya memutuskan untuk pensiun, pria ini telah terlibat dengan banyak bisnis, beberapa yang terkenal adalah restoran steak miliknya yang bernama “Elway’s”, dan sebuah gelanggang olahraga untuk American Football, yang diberi nama Colorado Crush.

4. Kristi Yamaguchi

Peraih medali emas pada Olimpiade Musim Dingin 1992 ini sibuk berbisnis dalam bidang pakaian wanita, dengan merk produknya bernama Tsu.ya. Atlet asal Amerika Serikat ini tidak hanya lihat berbisnis, tetapi berjiwa sosial yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan kemampuannya membangun suatu yayasan amal, yang diberi nama Always Dream Foundation.

3 dari 3 halaman

Maria Sharapova

5. Maria Sharapova

Atlet Maria Sharapova bukan hanya cantik, tetapi pandai berbisnis. Petenis asal Rusia ini mencoba peruntungan bisnis dengan produk permennya, Sugarpova. Produk Sugarpova yang baru diluncurkan pada 2013 ini terbilang sukses pada tahun pertama penjualannya, dengan 2 juta kantung permen berhasil terjual.

6. George Foreman

Petinju peraih medali emas pada 1968 ini memulai bisnisnya beberapa tahun setelah dirinya oensiun. George Foreman memulai bisnisnya dengan memperkenalkan mesin penggiling yang dibuat perusahaannya pada tahun 1994. Selain mesin penggiling, pria ini juga meluncurkan beberapa produk seperti produk kebersihan dan pakaian.

7. Wayne Gretzky

Salah satu atlet hockey terbaik di dunia, Wayne Gretsky memutuskan tidak hanya akan bersantai di masa pensiunnya. Pria ini ingin tetap aktif walau dirinya sudah tidak bisa menjadi seorang atlit. Hal ini mungkin yang menjadi faktor pendorong Gretzky ingin berbisnis. Dengan membuka restoran Wayne Gretzky di Toronto, dan sebuah klub bar, Gretzky mencari tambahan penghasilan di masa pensiunnya. (Aldo Lim/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini