Sukses

Wall Street Cetak Rekor Tertinggi

Dow Jones industrial average (DJIA) melonjak 0,64 persen dan berakhir di level 18.613,52.

Liputan6.com, New York - Wall Street mampu berakhir di zona hijau pada perdagangan Kamis (Jumat pagi waktu Jakarta) dan mencetak rekor tertinggi. Melonjaknya harga minyak dan juga kenaikan saham dari emiten ritel menjadi pendorong utama kenaikan Wall Street.

Mengutip Reuters, Jumat (12/8/2016), Dow Jones industrial average (DJIA) melonjak 0,64 persen dan berakhir di level 18.613,52. S&P 500 naik 0,47 persen dan parkir di angka 2.185,79. Sedangkan Nasdaq Composite menguat 0,46 persen ke angka 5.228,40.

Harga minyak mentah melonjak 5 persen setelah Menteri Energi Arab Saudi mengatakan bahwa ada potensi kenaikan harga minyak dalam beberapa bulan ke depan setelah melihat data-data permintaan yang ada.

Sesaat setelah komentar tersebut, Indeks S&P 500 langsung melonjak dengan pendorong utama kenaikan adalah saham Chevron.

Selain itu, pendorong kenaikan Wall Street adalah saham-saham di sektor ritel. Saham Department store Macy melonjak 17 persen dan menjadi kinerja terbaik perusahaan di sektor ritel dalam 8 tahun terakhir.

Pendorong utama kenaikan saham Macy karena perusahaan tersebut mengumumkan bahwa perkiraan penutupan jaringan toko yang ada tidak akan sebesar rencana semula. Di awal, perusahaan berencana untuk menutup 100 toko pada tahun ini.

"Aku sedikit terkejut dengan pencetakan rekor tertinggi lagi," jelas Direktur Pelaksana Charles Schwab, Austin, Randy Frederick.

Data ekonomi yang juga naik ikut mendorong kenaikan Wall Street. Jumlah orang Amerika Serikat (AS) yang mengajukan tunjangan pengangguran mengalami penurunan menjadi 266 ribu orang dari sebelumya 269 ribu orang. (Gdn/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini