Sukses

7 Kepala Negara dengan Gaji Terbesar di Dunia

Nama-nama familiar seperti Presiden Amerika Serikat Barack Obama, hingga Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berhasil masuk dalam daftar.

Liputan6.com, Jakarta - Berprofesi sebagai kepala pemerintahan dan memiliki tanggung jawab untuk menata suatu negara bukanlah pekerjaan yang mudah. Bukan hal mengherankan apabila kepala pemerintahan ini memiliki penghasilan yang besar.

Data yang dikeluarkan CNBC melansir nama kepala negara yang memiliki gaji besar. Nama-nama familiar seperti Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, hingga Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berhasil masuk dalam ranking teratas.

Mau tahu siapa saja yang masuk daftar itu? Berikut ulasan lengkapnya:

7. Theresa May
Inggris
Pendapatan: US$ 186.119 atau Rp 2,44 miliar

Setelah Perdana Menteri Cameron mengundurkan diri pada Juni 2016, May mengumumkan pencalonan dirinya sebagai ketua Partai Konservatif dan langsung melesat ke posisi pertama. Ia kemudian ditunjuk sebagai Perdana Menteri Inggris yang baru. May adalah perempuan kedua yang menjabat Perdana Menteri Inggris setelah Margaret Thatcher.

6. Francois Hollande

Prancis
Pendapatan: US$ 198.700 atau Rp 2,6 miliar

Pria berusia 61 tahun ini merupakan presiden Prancis. Ia juga menjabat sebagai Sekretaris Pertama Partai Sosialis Perancis sejak 1997 sampai 2008. Ia terpilih sebagai Presiden Prancis pada 6 Mei 2012, mengalahkan presiden menjabat Nicolas Sarkozy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jacob Zuma

5. Jacob Zuma
Afrika Selatan
Pendapatan: US$ 206 ribu atau Rp 2,71 miliar

Sejak Mei 2009, Jacob Zuma terpilih sebagai presiden Afrika Selatan. Sebelumnya, ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Afrika Selatan dari 1999 hingga 2005.

3 dari 6 halaman

Shinzo Abe

4. Shinzo Abe
Jepang
Pendapatan: US$ 241.250 atau Rp 3,17 miliar

Shinzo Abe sukses menjadi Perdana Menteri Jepang ke-90, diangkat pada 26 Desember 2012. Abe memang terlahir di lingkungan keluarga politik. Kakeknya, Kan Abe dan ayahnya, Shintaro Abe, adalah politikus.

Terpilihnya Shinzo Abe sebagai Perdana Menteri Jepang ini menyusul setelah partainya, Partai Demokrasi Liberal (LDP) memenangkan Pemilu di awal bulan Desember 2012.

4 dari 6 halaman

Angela Merkel

3. Angela Merkel
Jerman
Pendapatan: US$ 242 ribu atau Rp 3,18 miliar

Wanita berusia 62 tahun ini diangkat pada 22 November 2005 sebagai Kanselir Jerman. Merkel dianggap sebagai pemimpin de facto Uni Eropa. Ia juga terpilih sebagai tokoh paling berkuasa kedua di dunia menurut majalah Forbes tahun 2012 dan 2015.

5 dari 6 halaman

Justin Trudeau

2. Justin Trudeau
Kanada
Pendapatan: US$ 260 ribu atau Rp 3,4 miliar

Justin Trudeau merupakan perdana mentri Kanada yang baru. Pria 44 tahun ini banyak dibicarakan masyarakat Kanada karena inovasi yang dia keluarkan di badan pemerintahan.

Satu gebrakan yang membuatnya semakin dicintai rakyat Kanada adalah, dia mengundang publik untuk menyaksikan pengambilan sumpah jabatan dirinya sebagai PM Kanada yang baru. Bahkan dia menyiarkan seremoni tersebut melalui aplikasi streaming video Periscope yang digemari banyak orang.

6 dari 6 halaman

Barack Obama

1. Barack Obama
Amerika Serikat
US$ 400 ribu atau Rp 5,2 miliar

Peringkat pertama ditempati oleh presiden Amerika Serikat Barack Obama. Sejak diangkat pada tahun 2008 lalu, Barack berhasil memecahkan rekor sebagai presiden kulit hitam pertama di Amerika Serikat. Angka pendapatannya dilaporkan mencapai US$ 400 ribu atau Rp 5,2 miliar. (Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.