Sukses

Ekspedisi Spirit of Majapahit Libatkan 3 Menko Maritim

Pelayaran kapal Spirit of Majapahit ini untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap budaya maritim.

Liputan6.com, Jakarta - Ekspedisi budaya Spirit of Majapahit telah rampung terselenggara. Ekspedisi pelayaran dengan tujuan akhir Jepang ini ternyata melibat tiga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman.

Deputi IV Bidang Koordinasi SDM Iptek dan Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Safri Burhanuddin mengatakan, ekpedisi budaya tersebut telah melibatkan tiga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman yakni Indroyono Soesilo, Rizal Ramli, dan Luhut Binsar Panjaitan. Ketiga menteri tersebut memiliki peran yang berbeda-beda dalam ekpedisi budaya ini.

"Dalam ekpedisi ada tiga Menko terlibat. Menko pertama Indroyono Soesilo menginisiasi, melepas itu pelaksanaan Rizal Ramli. Yang menerima Pak Luhut," kata dia di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (12/8/2016).

Dia menerangkan, pelayaran kapal ini untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap budaya maritim. Lebih lanjut, ekpedisi ini telah memakan waktu selama tiga bulan.

"Kita tahu kapal ini diambil replika yang ada di Candi Borobudur panjang 20 meter, lebar 4,5 meter dibangun tahun 2009. Pelaksana pertama tahun 2010 cuma tahun 2010 ke utara Jakarta ke Tokyo kena badai Filipina tak sempat dilanjutkan. Dan dilanjutkan tahun 2016," jelas dia.

Safri menuturkan, ekspedisi budaya Spirit of Majapahit ini sejalan dengan cita-cita pemerintah untuk menjadi Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"‎Kegiatan ini bagian dari Nawacita Pak Presiden. Bagaimana mengembalikan semangat bahari, cinta bahari kepada masyarakat," tutur dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini