Sukses

Penumpang Kagumi Terminal 3 Bandara Soetta

Penumpang terminal 3 kagum dan takjub dengan kemegahan terminal 3 di bandara Soekarno Hatta.

Liputan6.com, Jakarta - Terminal 3 bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten sudah beroperasi sejak 9 Agustus 2016. Meski baru beroperasi, sejumlah penumpang pun tampak kagum dengan kemegahan terminal 3 tersebut.

Salah satunya Aray yang baru pertama kali merasakan kemegahan terminal 3 bandara Soekarno Hatta. Penumpang asal Surabaya yang terbang ke Palembang ini terlebih dulu transit di Jakarta. Ia menuturkan, terminal 3 sudah bagus terutama fasilitasnya.

"Fasilitasnya bagus. Tadi ambil bagasi bagus. Luas dan liftnya keren," ujar Aray saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (12/8/2016).

Tak hanya Aray saja yang kagum dengan terminal 3 bandara Soetta. Jacob P, salah satu penumpang yang datang dari bandara John F. Kenneddy (JFK), New York, Amerika Serikat (AS) juga takjub melihat terminal 3 bandara Soetta yang tak kalah dari terminal bandara di negara lain.

"Pertama kalau saya lihat saja tampak luar sangat megah, karena saya baru datang dari JFK airport, New York. Lalu kelihatan dan datang ke terminal 3 Cengkareng sangat megah dibandingkan airport di luar negeri baik di Amerika Serikat dan Korea, sudah cukup mewah di terminal 3," ujar Jacob.

Jacob juga mengapresiasi pemerintah yang sudah menyediakan sarana dan transportasi udara yang bagus bagi masyarakat. Ia pun mengharapkan pengelola bandara juga dapat meningkatkan fasilitas dan sarana yang dibutuhkan masyarakat.

"Tinggal tingkatkan fasilitas dan sarana yang dibutuhkan bagi penumpang. Khusus keamanan. Kemungkinan tinggal reservasi yang lebih baik, mulai ada program ticketing kode booking sendiri, dan saya terima kasih buat pemerintah Indonesia sediakan fasilitas luar biasa," kata Jacob.

Sejumlah penumpang juga menilai fasilitas terminal 3 memberikan kenyamanan dengan ruangannya yang luas dan modern.

Terminal 3 dirancang lebih modern dan memberikan kenyamanan bagi penumpangnya. Bahkan terminal 3 bandara Soetta tidak kalah dengan bandara Changi di Singapura.

Saat menuju pintu keberangkatan di terminal 3, para calon penumpang terlebih dahulu melewati flyover. Di jalan ini, para calon penumpang bisa menikmati keindahan lingkungan Bandara Soetta dari ketinggian. Secara keseluruhan terminal 3 ini memiliki 3 lantai.

Suasana di sekitar Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (11/8/2016). (Dok. Pribadi)

Di terminal 3 ini para penumpang dapat menikmati sejumlah karya berupa foto-foto, karya seni, batik, dan juga terdapat mobil antik. Bahkan Anda pun dapat foto baik sendiri maupun bersama dengan keluarga, kawan, dan kerabat. Bahkan penumpang juga dapat selfie dengan latar belakang karya seni itu.Tak hanya itu, di luar ruangan terminal 3 juga terdapat taman dan kolam air mancur yang memanjakan mata Anda.

Air mancur di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (11/8/2016). (Dok. Pribadi)

Memang PT Angkasa Pura perlu membutuhkan waktu untuk menyempurnakan terminal 3 tersebut. YLKI pun menilai ada keluhan dari masyarakat mengenai pengoperasian terminal 3 adalah hal biasa.

"Bandara internasional sekelas Heathrow di London dan Changi di Singapura saja saat awal pengoperasian banyak yang belum sempurna, itu hal biasa. Tetapi jangan terus itu dijadikan alasan," kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat pekan ini.

Tulus menilai, pengoperasian terminal 3 pada Agustus tidak salah. Selagi beberapa peralatan, sebagian fasilitas dan teknologi sudah mampu dioperasikan, menurut dia terminal 3 sudah layak beroperasi.

"Tinggal‎ sekarang bagaimana AP II secara aktif melakukan perbaikan, dan menempatkan beberapa petugasnya dan aktif mengarahkan para penumpang, biar tidak bingung," tegas Tulus. (Ahm/Ndw)

 

Ingin tahu perkembangan terminal 3 bandara soekarno hatta? Yuk simak video berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.