Sukses

MenPAN-RB Bongkar Buruknya Kinerja PNS di Daerah

MenPANRB Asman Abnur mengimbau kepala daerah juga mengelola pemerintahannya sesuai aturan yang dipatuhi PNS.

Liputan6.com, Batam - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur membongkar buruknya kinerja para pegawai negeri sipil (PNS) di daerah. Salah satunya soal jam kerja yang tidak mengikuti aturan.

Asman mengungkapkan, dirinya pernah mendapat laporan ada PNS yang sudah pulang pada jam 11.00 WIB. Padahal seharusnya PNS tersebut baru boleh meninggalkan kantor pada pukul 16.00 WIB.

"Kemarin ada laporan ke saya, tidak usah saya sebutkan daerahnya, ada yang jam 11 pegawai negerinya sudah pulang semua. Kantor pemerintahan daerahnya kosong," ujar dia di Batam, Kepulauan Riau, seperti ditulis Sabtu (13/8/2016).

Hal yang sama juga ditemukan Asman di daerah lain. Usai menjalankan ibadah Sholat Jumat, banyak ‎PNS yang tidak kembali ke kantor dan langsung pulang ke rumah. Menurut dia, hal seperti ini yang membuat PNS di Indonesia tidak bisa maju.

"Bagaimana mau maju kalau kaya gitu. Habis jumat ada yang tidak datang lagi ini. Saya akan kunjungi itu daerah-daerah yang  seperti itu. Ada daerah habis Jumat bubar," kata dia

Dia berharap ke depannya para kepala daerah tidak lagi mengelola pemerintahannya secara konvensional dan semaunya. Harus ada aturan dan tatanan yang jelas dan dipatuhi oleh seluruh PNS baik dari golongan paling bawah hingga tertinggi.

"Mudah-mudahan dengan gerakan ini pemerintah menyadari betul bahwa pemerintah daerah tidak lagi dikelola secara konvensional. Tidak boleh lagi dikelola seperti kemauan kepala daerahnya. Begitu jadi kepala daerahnya, semua SKPD (satuan kerja perangkat desa) ganti. Tidak boleh lagi kaya begitu. Di Amerika itu siapapun presidennya, tidak ia pencet programnya. Sudah persis tatanan pemerintahnya," ujar dia. (Dny/Ahm)

 

 

***

EVENT SPESIAL PESTA BEAT LIVE STREAMING 8 KOTA

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini