Sukses

Begini Desain Uang Rupiah yang Baru

Bank Indonesia (BI) akan mengeluarkan desain baru uang rupiah pada akhir tahun 2016.

Liputan6.com, Batam - Bank Indonesia (BI) akan mengeluarkan desain baru uang Rupiah. Berbeda dengan sebelumnya, uang baru ini akan bertuliskan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Deputi ‎Gubernur BI Ronald Waas mengatakan, selain menggunakan NKRI, untuk desain uang kertas masih akan menonjolkan sosok pahlawan daerah. Pahlawan yang akan dipilih dikoordinasikan dengan Kementerian Sosial (Kemensos).

"Sebelumnya, frasanya Indonesia diganti NKRI. Penandatanganannya berbeda, ‎awalnya internal sekarang ditandatangani Gubernur Bank Indonesia. Nama-nama pahlawan dari Kemensos, pertimbangan ada unsur kedaerahan, perempuan atau laki-laki," ujar dia di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (13/8/2016).

Sedangkan untuk uang koin, lanjut Ronald, juga akan muncul sosok pahlawan nasional. Hal berbeda dari desain uang koin sebelumnya yang tidak penampilan sosok pahlawan. "Koin juga akan berubah gambar pahlawan nasional selama ini bukan pahlawan," lanjut dia‎.

Keputusan gambar pahlawan yang akan dipilih dalam desain uang yang baru nantinya ada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Setelah mendapat‎ persetujuan baru akan dicetak dalam jumlah banyak.

"Keputusan gambar siapa yang dipakai itu tergantung pemerintah, Presiden. sudah pengajuan tinggal nunggu apakah nanti Presiden setuju atau kalau sudah disetujui langsung naik cetak," kata dia.

Untuk nominal, kata Ronald, masih akan sama dengan nominal uang yang dicetak sebelumnya. BI menargetkan uang baru tersebut bisa diterbitkan ‎pada akhir tahun ini. "Tidak berubah. masih Rp 100 ribu, Rp 50 ribu dan seterusnya. Kita akan keluarkan uang nkri pada akhir tahun," ujar dia. (Dny/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini